RPP SMA/SMK/MA Iklan/Pariwara semester genap Kurikulum 2013






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Semester            : XI/ Genap
Materi Pokok              : Iklan / pariwara
Alokasi waktu             : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.     Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3  Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks dengaran iklan.
1.3.1        Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks dengaran iklan.
1.3.2        Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks dengaran iklan.
1.3.3        Menghayati
1.3.4        mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks dengaran iklan.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.1        Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.2        Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.3        Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.4        Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.5        Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.
2.3.6        Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks dengaran iklan.


3.3              Menelaah teks iklan berbahasa jawa.
Indikator:                                                 

3.3.1        Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  iklan bahasa jawa lisan maupun tulisan.
3.3.2        Menganalisis bahasa yang digunakan dalam ikaln lisan maupun tulisan.
3.3.3        Menganalisis isi dalam iklan berbahasa jawa lisan maupun tulisan.
4.3              Menulis teks iklan berbahsa jawa
Indikator:
4.3.1 memproduksi teks iklan berbahasa jawa dalam bentuk tulisan.
4.3.2 Menyunting  teks iklan berbahasa jawa dalam bentuk tulisan.
4.3.3 Menyajikan teks iklan berbahasa jawa dalam bentuk tulisan.

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.         Peserta didik dapat menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan  anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dan menggunakannya secara lisan maupun tulisan melalui teks dengaran iklan.
2.         Peserta didik dapat menunjukkan  perilaku  akhlak mulia, percaya diri, dan tanggung jawab  dalam menggunakan bahasa Jawa  melalui  teks dengaran iklan lisan maupun tulisan.
3.         Peserta didik dapat menelaah teks dengaran iklan  dengan:
a.       Peserta didik dapat mengidentifikasi   struktur dan kaidah  teks dengaran iklan lisan maupun tulisan.
b.      Peserta didik dapat menganalisis  bahasa yang digunakan dalam teks dengaran iklan lisan maupun tulisan.
c.       Peserta didik dapat menganalisis isi dalam iklan berbahasa jawa lisan maupun tulisan.
4.         Peserta didik dapat menulis serta menyajikan teks iklan berbahsa jawa dengan bahasa sendiri dengan:
a.         Peserta didik dapat memproduksi iklan berbahsa jawa dalam bentuk  tulisan.
b.        Peserta didik dapat menyunting teks iklan berbahasa jawa yang dibuat oleh teman.
c.         Peserta didik menyajikan teks iklan berbahasa jawa lisan maupun tulisan.

D.     Materi Pembelajaran
Fakta:
·      Berbagai contoh iklan berbahasa jawa dalam bentuk lisan.
·      Berbagai contoh iklan berbahasa jawa dalam bentuk tulisan.
Konsep:
·      Pengertian iklan/pariwara
Prinsip:
·      Struktur iklan
·      Karakteristik iklan

Prosedur:
·      Langkah-langkah memroduksi teks iklan berbahasa jawa
·      Langkah-langkah menyajikan iklan bahasa jawa.

E.      Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·      Pendekatan saintifik
·      inquiry, discovery learning
·      diskusi
·      Kerja kelompok dan Kaji Pustaka

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media :
·      Internet
·      Radio, tv
·      Lab bahasa
2.       Alat/bahan
·      LCD, Tape recorder,laptop
·      Teks iklan berbahasa jawa
·      Buku, koran, majalah
3.     Sumber Belajar
·      Pakubuwana IV, Sri Susuhunan. Tanpa tahun. Wulangreh (tulis ulang). Sukoharjo: Cendrawasih.
·      Santosa, Imam Budhi. 2010. Nguri-uri Paribasan Jawi. Klaten: Intan Pariwara.
·      Sasangka, Sry Satriya Wisnu. 2013. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa Edisi Revisi Cetakan Ke-4. Jakarta: Yayasan Pasramalingua.
·      Suseno, Franz Magnis. 1985. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijakan Hidup Jawa, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia.





G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok
·         Mendengarkan contoh iklan berbahsa jawa
·         Peserta  didik membaca contoh teks iklan berbahasa jawa dalam bentuk tulisan
·         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan pengertian iklan, struktur iklan, dan karakterstik iklan.
Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan unsur - unsur pembangun iklan berbahasa jawa.
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks iklan berbahasa jawa.

60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik iklan yang meliputi pengertian, struktur/perangan, lan unsur-unsur iklan.
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks iklan berbahasa jawa.
20 menit

Pertemuan Ke 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik iklan berbahasa jawa
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik iklan berbahasa jawa)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik iklan berbahasa jawa)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·         Contoh teks iklan berbahasa jawa baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi

·         menemukan karakteristik yang terkandung didalam iklan berbahasa jawa.
·         Menulis teks iklan berbahasa jawa dengan bahasa sendiri dengan memperhatikan karakteristik iklan.
60 menit










Penutup
·         Tanya jawab mengenai unsur karakteristik iklan berbahasa jawa.
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik iklan berbahasa jawa.

20 menit

Pertemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik iklan.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik iklan) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengasosiasi
·         Peserta didik menyunting kesalahan iklan tulisan teman.
·         Menganalisis unsur- unsur pembangun teks iklan.
·         Menilai teks iklan tulisan teman.

60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur iklan.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk mendengarkan iklan melalui radio maupun televisi.

20 menit


Pertemuan ke 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·         Siswa merespon salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya. Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Tanya jawab tentang iklan berbahasa jawa yang ada di radio maupun televisi.
20 menit
Kegiatan Inti
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan secara lisan atau tulisan iklan yang ditulis.
·         Peserta didik memberi tanggapan isi yang ditulis dengan bahasa sendiri.
50 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan iklan yang sudah ditulis.
·         Menyajikan salah satu iklan tulisan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·         Menyimpulkan hasil penulisan iklan.
·         Memberi tugas untuk mencari contoh seni pertunjukan jawa(vidio/tulisan) sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
20 menit

H.     Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian Diri
·         Penilaian Antar Teman
·         Penilaian Jurnal
b.      Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes Tertulis
·         Tes Lisan
c.       Kompetensi Keterampilan:
·         Tes Proyek
·         Tes Praktik

2.      Bentuk instrumen dan instrumen
3.      Pedoman penskoran

Lampiran 1
a.    Peniaian Sikap
Observasi (yang mengisi guru)

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program       : XI/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi: iklan berbahasa jawa

No
Nama
Sikap
Jml
Skor
Nilai
Jujur
disiplin
tanggung jawab
peduli
santun
responsif
proaktif
1
Sigit
4
3
4
4
3
4
3
25
3,5
2










3










4










5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

Penilaian Diri


LEMBAR PENILAIAN DIRI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program       : XI/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi: iklan berbahasa jawa

No
Nama
Sikap
Jml
Skor
Nilai
jujur
disiplin
tanggung jawab
peduli
santun
responsif
proaktif
1
Sigit
4
3
4
4
3
4
3
25
3,5
2










3










4










5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang


.Penilaian Antar Teman

LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program       : XI/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi: iklan berbahasa jawa

No
Nama
Sikap
Jml
Skor
Nilai
jujur
disiplin
tanggung jawab
peduli
santun
responsif
proaktif
1
Sigit
4
3
4
4
3
4
3
25
3,5
2










3










4










5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

Penilaian Jurnal

No
Nama
Uraian
Skor



















b.    Penilaian Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami  pengertian iklan lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Jlentrehna apa sing diarani iklan!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  iklan lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Jlentrehna unsur – unsur iklan!
Menganalisis isi iklan lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Aweha panemu tumrap andharan wos surasane iklan kang dijlentrehake dening kancamu?

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.         Pariwara/iklan iku sawijining pesen babagan barang/jasa (produk) kang digawe dening prodesen kang diandharake lumantar media (cetak, audio, elektronik) utawa papan panggonan umum kang ditujokake marang bebrayan agung. Ancase pariwara iku supaya masarakat kesengsem gelem tuku utawa nggunakake barang utawa jasa kasebut.
2.         Unsur iklan ing antarane kayata :
a.    Jeneng barang/jasa kang ditawakake
b.    Alamat produsen
c.    Kahanan barang/jasa kang ditawakake, lsp
3.         Kawicaksanan dwija

Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.         Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

2.         Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

3.         Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4



c.     Penilaian Keterampilan

Penilaian Proyek
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memroduksi  iklan lisan maupun tulisan.
Tes Unjuk Kerja
Uji petik produk
Gawea teks iklan basa jawa adhedhasar unsur – unsur ikan!

Kunci jawaban:
1.      Perangan pariwara/iklan
Bab kang kudu digatekake nalika gawe pariwara yaiku :
a.       Ukarane cekak lan aos (singkat jelas)
b.      Basa kang digunakake isa dingerteni utawa ora mbingungake (komunikatif)
c.       Tulisan lan gambare narik kawigaten

2.      Unsur-unsur pariwara/iklan
Unsure iklan ing antarane kayata :
d.      Jeneng barang/jasa kang ditawakake
e.       Alamat produsen
f.       Kahanan barang/jasa kang ditawakake, lsp.

3.      Tuladha teks pariwara/iklan
NONTON BARENG

                                                                 
Kanggo ngregengaken UERO 2012
ANGKRINGAN KOPI RANDU DONGKAL nganakaken nonton bareng
SEMI FINAL & FINAL UERO 2012
Kang dianakaken ing dina Setu lan Minggu 30 Juni – 1 Juli 2012
Wiwit jam 23.00 WIB
Ora mung nonton bareng, nanging ana hadiah-hadiah kang wis disiapaken kanggo sapa
bae kang begja.
Mula aja kelalen
Ati seneng olih hadiah, waaaahhh…nyamleng kiiieee…!!!!!

Randudongkal entertainment

Pedoman penskoran:
1.    Unsur pembangun iklan
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
1
NILAI MAKSIMAL
4

2.    Diksi atau Pilihan Kata (bahasa yang digunakan)
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika bahasa yang digunakan cekak aos, komunikatif dan menarik perhatian/sesuai perangan pariwara)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan perangan pariwara)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan perangan pariwara)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.    Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4


Contoh Format Penilaian


Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Jeneng barang kang ditawakake
( 10)
Alamat produsen ( 20)
Kahanan barang kang ditawakake (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Isi (30)











Penyuntingan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyunting  teks iklan karya teman
Tes Tertulis
Uraian
Ijolna teks iklan garapanmu marang kanca samejamu, banjur telitinen lan biji garapane kancamu! Sawise kok teliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!


Kunci Jawaban :
Penilaian sikap dan tanggung jawab dalam menyunting pekerjaan teman

Pedoman Penskoran

1.    Unsur pembangun iklan
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan iklan /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan iklan / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan iklan)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan iklan)
1
NILAI MAKSIMAL
4

2.    Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika bahasa yang digunakan cekak aos, komunikatif dan menarik perhatian/sesuai perangan pariwara)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan perangan pariwara)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan perangan pariwara)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.    Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4







Ancer-ancer pambiji/ contoh format penilaian
Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Jeneng barang kang ditawakake ( 10)
Alamat produsen ( 20)
Kahanan barang (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Isi (30)










Penilaian Praktik

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyajikan tteks iklan lisan maupun tulisan.
Tes Praktik
Demonstrasi/ Penampilan
Wacanen iklan kang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!

Kunci jawaban:
Tes Praktik
Ancer – ancer Pambiji

Pedoman Penskoran


Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa membacakan dengan benar dan sangat baik ( lafal jelas, intonasi tepat, ekspresi sangat baik, dan nada tepat/ memenuhi keempat unsur)
AB
4
Siswa membacakan dengan benar dan baik ( jika ketiga unsur yang tepat, salah satu ada yang kurang)
B
3
Siswa membacakan dengan benar  dan sedang ( jika hanya dua unsur yang tepat, yang dua unsur lainnya kurang tepat)
S
2
Siswa membacakan dengan kurang benar ( jika yang tepat hanya satu unsur, yang ketiga unsur kurang tepat)
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

Contoh Format Penskoran


Nama
Sing Di Biji

Lafal/Kedal

Intonasi

Ekspresi/Performer

Ketepatan Nada

Gunggunge/Jumlah











Semarang, 14 Juli 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah              ,                                   Guru Mapel Bahasa Jawa,




Sarbiyanto, S.Pd.                                             Bisri Nuryadi, S.Pd.
NIP 19700708 199412 2 001                            NIP 19840807 200903 2 005









Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK/MA Iklan/Pariwara semester genap Kurikulum 2013"

Back To Top