Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Contoh tulisan untuk Pos Pembaca Koran Solopos


Antara Visi Dan Jejak

Malam selasa(9/6/14) kita telah menyaksikan debat calon Presiden dan Wakil Presiden putaran pertama di berbagai televisi swasta. Pastinya debat tersebut disaksikan oleh kebanyakan para rakyat Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi. Karena rakyat itu sendirilah yang akan memilih para calon Presiden dan Wakil Presiden tersebut.
Seperti yang kita saksikan, debat tersebut adalah penyampaian Visi dan Misi para calon. Walaupun pada saat sesi tanya jawab, pertanyaan Jusuf Kalla kepada Prabowo Subianto tentang HAM(Hak Asasi Manusia) menuai ketegangan tersendiri.
Dalam Visi Misi yang disampaikan para calon, menurut saya hanya ada sedikit perbedaan. Secara garis besar semua calon menjanjikan kepemimpinan yang jauh dari korupsi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menurunkan angka kemiskinan, memperbaiki sistem pendidikan, memperkuat kekuatan hukum, dan mengembalikan citra Indonesia yang sebenarnya.
Visi Misi menjadi rencana apik yang ditawarkan para calon demi pamrih pengambilan simpatik rakyat Indonesia. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita sudah jenuh akan Visi Misi dan janji-janji para calon. Termasuk juga dalam pemilihan legislatif dan Kepala Daerah yang sudah-sudah.
Banyak yang sepakat, lebih baik melihat jejak yang ditinggalkan para calon, dalam artian mengintip prestasi apa saja yang sudah mereka torehkan  dari pada menatap rencana besar yang belum pasti terbukti.
Untuk melihat jejak itu, Kita bisa membaca buku-buku tentang kedua calon yang akhir-akhir ini membeludak di berbagai toko buku. Media internet juga bisa kita gunakan untuk mempelajari masa lalu para calon. Namun kita juga harus waspada akan serangan kampanye hitam yang sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Akhirnya, sebelum paku usuk (Alat yang biasa digunakan untuk menyoblos) kita tancapkan ke gambar salah satu Calon Presiden atau Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli 2014, pastikan kita sudah mengantongi rekaman jejak kedua calon pemimpin yang akan memimpin kita selama 5 tahun ke depan. Masih ada waktu untuk itu. Selamat mempelajarinya.

Bisri Nuryadi
Bolon, Rt 004. Rw 002
Colomadu, Kab. Karanganyar
     

 Dimuat di Surat Pembaca Solopos

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh tulisan untuk Pos Pembaca Koran Solopos"

Back To Top