Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Cari uang banyak tanpa modal

Cari uang banyak tanpa modal, ta nulis..
ni aku beri contoh gan.. crita ini pernah di muat di SOLOPOS.. dan tentunya dapat amplop lho mas.. crita sangat sederhana... jadi silahkan mencoba..
kirim ke redaksi.solopos@gmail.com
lumayan 75 ribu gan.. bisa buat kredit hp.. he

Kesruduk Sapi
Idul adha selalu menjadi momen yang sangat dirindukan oleh umat muslim se-dunia. Tak terkecuali dengan John Koplo, salah satu warga Colomadu, Kab. Karanganyar, yang berprofesi sebagai blantik sapi ini. Karena tidak ingin melewatkan kesempatan emas, Koplopun jauh-jauh hari sudah mempersiapkan sejumlah uang untuk modal membeli sapi dagangan.
Pasar sapi Boyolali, yang merupakan  pasar sapi terbesar di Jawa Tengah adalah pilihan Koplo untuk menambah koleksi sapi-sapinya. Kejadian lucu dan nganyelkepun terjadi beberapa pekan yang lalu ketika Koplo berkunjung di pasar ini. Ceritanya begini.
Beberapa saat setelah datang, Koplo langsung memilih sapi dengan seksama. Dan tak lama kemudian ia menemukan sapi pilihannya.
Sing iki pira, lik?.” Tanya Koplo kepada pedagang yang sudah akrab dipanggil Gembus.
 “Karo sampeyan 15 ewu wae, Dhe.” Jawab gembus. 15 ewu yang berarti lima belas juta.
Larangmen. Pase wae pira?.” Tanya Koplo lagi.
Merekapun terjadi kegiatan tawar-menawar.
Karena harga tidak cocok, Koplopun langsung mencari sapi yang lainnya.
Yowis, Lik. Tak golek liyane dhisik.” Ucap Koplo sambil meninggalkan Gembus. Dalam meninggalkan sapi yang dicencang disebelah Gembus itu, Koplo dengan sengaja ngeplak kepala sapi tadi sambil nyelethuk “ Sapi kaya ngene kok kon nuku 14 ewu.”
Sontak Sapi milik Gembus njondhil dan langsung menyerudhuk punggung Koplo. sempat orang-orang yang melihatnya langsung berlari untuk menolong Koplo. Untungnya tali sapi cukup kuat untuk menahan kekuatan sapi tadi. Walaupun Koplo hanya sedikit merasa mampeg dan tidak terjadi luka sedikitpun, namun Koplo terlanjur kisinan. Ia bergegas cabut dan memilih menuju pasar sapi yang lainnya.
Setelah Koplo pergi, Gembus menceritakan alur kejadian yang sebenarnya. Orang-orang yang berkumpul di situpun tertawa ger-geran mendengar cerita Gembus.

Bisri Nuryadi
Bolon Rt.004 / Rw. 002.
Kecamatan Colomadu, Karanganyar.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cari uang banyak tanpa modal"

Back To Top