|
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CAB BOYOLALI
SMK KARYA NUGRAHA
Sariasih Karanggeneng, Boyolali. Telp :
(0276)321749 Fax : 3293749
Email : smkknbi@yahoo.co.id
Website : smk-karyanugraha-by.sch.id
|
|
KISI
– KISI UJIAN SEKOLAH
|
|||
F.
KUR : 14
|
Hal
:
|
|||||
Edisi : 1
|
Revisi : 0
|
|
||||
Komp. Keahlian : TKR, TSM, TPBO, TKJ
Mata
Pelajaran : Bahasa dan
sastra jawa
Tahun
Pelajaran : 2013 / 2014
No
|
Jenis Ulangan
|
KD
|
Indikator
|
JML Soal
|
No Soal
|
Tingkat Kesukaran
|
Aspek Kognitif
|
||||||||
PG
|
Essay
|
MD
|
SD
|
SK
|
I
|
P
|
P
|
A
|
S
|
E
|
|||||
1.
|
Ujian Sekolah
|
1.a Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasya rakatan
|
· Mendefinisikan pengertian
pengumuman
|
3
|
1
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
· Menyebutkan isi pengumuman
|
2
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
· Menyampaikan pada orang lain isi
pengumuman dalam ragam krama.
|
3
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
1.b
Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
dalam ragam bahasa krama.
|
§ Menyebutkan jenis unggah-ungguh basa Jawa
|
2
|
4
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
||
· Menyebutkan tokoh- tokoh dalam cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
· Menuliskan nilai-nilai yang
terkandung dalam cerita
|
5
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
2.c Berdialog/ percakapan menge nai cerita rakyat
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menemukan isi pokok cerita
rakyat
|
6
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
§ Menemukan asal-usul kejadian
yang terkandung dalam cerita rakyat
|
7
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
|
2.aBerdialog menggunakan parikan/
wangsa lan
|
· Mengidentifikasi
pengertian parikan dan wangsalan yang digunakan dalam pembicaraan
sehari-hari
|
1
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
§ Menyebutkan contoh wangsalaan dan parikan
|
8
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
§ Membuat kerangka percakapan
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
|
1.a Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasya rakatan
|
· Mendefinisikan pengertian
pengumuman
|
2
|
1
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
· Menyebutkan isi pengumuman
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
· Menyampaikan pada orang lain isi
pengumuman dalam ragam krama.
|
2
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
1.b
Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
dalam ragam bahasa krama.
|
· Menyebutkan judul dalam cerita
|
2
|
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
||
· Menyebutkan tokoh- tokoh dalam cerita
|
3
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
· Menuliskan nilai-nilai yang
terkandung dalam cerita
|
4
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c
Mendengarkan
cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
|
·
Meyebutkan tokoh dan watak tokoh dalam cerita rakyat
|
2
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
· Menyebutkan setting dalam cerita rakyat
|
5
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
· Menyebutkan tema dalam cerita
rakyat
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
· Menyebutkan amanat/ pesan dalam
cerita rakyat
|
6
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
5.
|
|
2.aBerdialog menggunakan parikan/
wangsa lan
|
· Mengidentifikasi
pengertian parikan dan wangsalan yang digunakan dalam pembicaraan
sehari-hari
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menyebutkan contoh wangsalaan dan parikan
|
7
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
6.
|
|
2.b Bercerita pengalaman yang mengesankan
dalam ragam krama
|
§ Menjelaskan pengertian cerita
pengalaman.
|
1
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
§ Menentukan tema cerita
pengalaman dalam hidupnya.
|
8
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
§ Menentukan gaya bercerita yang
menarik dengan memperhatikan unggah-ungguh.
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.c Berdialog/ percakapan menge nai cerita rakyat
|
§ Menjelaskan pengertian unggah-ungguh basa Jawa.
|
1
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
§ Menyebutkan jenis unggah-ungguh basa Jawa
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
§ Menemukan isi pokok cerita
rakyat
|
9
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
§ Menemukan asal-usul kejadian yang
terkandung dalam cerita rakyat
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
||||
|
2.b Membahas atau mendiskusi
Kan isi cerkak
|
§ Siswa dapat Menemukan unsur-unsur
pembangun cerkak ( tema, latar, penokohan, alur, pesan, sudut pandang, dan
konflik dalam cerkak) melalui diskusi.
|
2
|
10
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat Menyimpulkan
isi cerkak
|
11
|
1
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
7.
|
|
2.aMenyampaikan sambutan dalam
bentuk pambagyaharja
|
· Siswa dapat Menentukan pokok isi sambutan dalam bentuk
pambagyaharja
|
3
|
12,13
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Siswa dapat Menyusun kerangka sambutan dalam bentuk
pambagyaharja
|
|
2
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Siswa dapat Mengembangkan kerangka sambutan
yang berbentuk pambagyaharja sesuai
dengan unggah-ungguh bahasa Jawa.
|
14
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
2.b Berdialog sesuai dengan tingkat
kesantunan
|
· Siswa dapat pertanyaan dengan pilihan kata yang sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
3
|
15
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Siswa dapat Menjawab pertanyaan dengan pemilihan kata yang
sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
16
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
· Siswa dapat Menyampaikan pertanyaan secara lisan sesuai dengan
lafal, intonasi, dan irama yang tepat.
|
17
|
3
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
8.
|
|
2.c Membahas atau
mendiskusikan isi geguritan
|
· Menemukan tema geguritan
|
3
|
18
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Siswa dapat Menemukan pokok-pokok isi geguritan
|
19
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
· Siswa dapat Menemukan
amanat yang terkandung dalam geguritan
|
20
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.a
Membaca pemahaman paragraf berdasarkan letak kalimat utama
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi letak kalimat utama dalam paragraf
· Siswa dapat Menunjukkan letak kalimat utama dalam paragraf
|
3
|
21
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||
· Siswa dapat Menyebutkan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat
utama
|
22,23
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
9.
|
Ujian Sekolah
|
2.a Membahas
atau mendiskusikan isi tembang macapat
|
· Siswa dapat Memahami isi yang terkandung dalam tembang macapat
|
3
|
24
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
· Siswa dapat Menyebutkan watak tembang macapat yang dilantunkan.
|
25,26
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.b Nembang Campursari
|
· Siswa dapat menyebutkan judul dalam Nembang Campursari.
|
2
|
27
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
||
· Siswa dapat Menemukan pokok-pokok isi campursari
|
28
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
4.bMenulis parikan dan atau wangsalan
|
·
Siswa dapat
Menyusun dialog dengan menggunakan parikan atau wangsalan
|
2
|
29,30
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
10.
|
|
2.a Menyampaikan sambutan dalam bentuk pasrah
panganten atau panampi pasrah panganten dalam upacara adat pengantin Jawa
|
· Menemukan ciri-ciri
atur panampi pengantin jawa.
|
1
|
31
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
11.
|
|
2.b Mendiskusi
kan pitutur
luhur yang terkandung dalam cerita wayang
|
· Menjelaskan pengertian wayang kulit.
|
3
|
32
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
· Menyebutkan tokoh wayangyang terdapat
dialog.
|
33
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
|
||||
· Menyebutkanisi dalam dialog.
|
34
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
3.a. Membaca nyaring wacana berhuruf Jawa 20 – 25
kalimat
|
· Membaca teks beraksara jawa dengan
pelafalan yang tepat.
|
4
|
35,36
|
5
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
|
||
· Menyebutkan isi dalam teks beraksara Jawa.
|
37,38
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
4.a Menulis artikel
tentang budaya Jawa
|
· Menentukan tema artikel
|
2
|
39
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi pengertian artikel
|
40
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
12.
|
|
4.b
Menulis naskah drama/
sandiwara
|
· Menentukan tema cerita
|
3
|
41
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Menentukan tokoh cerita dan wataknya
|
42
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
· Menentukan alur cerita
|
43
|
4
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
|
||||
13.
|
|
4.a Menulis wacana argumentasi
tentang budaya Jawa
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi ciri-ciri wacana
argumentasi
|
2
|
44
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
· Siswa dapat Menentukan tujuan penggunaan wacana
argumentasi
|
45
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Boyolali, 10 Februari 2014
Guru mata
pelajaran
Bisri Nuryadi, S.Pd
0 Komentar untuk "kumpulan Kisi-kisi pelajaran bahasa Jawa"