RPP Basa Jawa SMA/SMK KURIKULUM 2013

maarif
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CAB BOYOLALI
SMK KARYA NUGRAHA
Sariasih Karanggeneng, Boyolali. Telp : (0276)321749 Fax : 3293749
Email : smkknbi@yahoo.co.id  Website : smk-karyanugraha-by.sch.id

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
F. KUR : 52
Hal : 1
Edisi : 1
Revisi : 0


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                   : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran        : Bahasa Jawa
Kelas/Semester       : XI/ Gasal
Materi Pokok           : Aksara Rekan
Alokasi waktu           : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI 1 :                                                Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :                                                Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :                                                Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :                                            Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.5  Menerima,  mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa  bahasa Jawa dalam bentuk teks empat paragraf  aksara Jawa.
2.5   Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Jawa  melalui teks  empat paragraf  aksara Jawa .
3.5  Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
Indikator:
3.5.1 Memahami kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.2 mengidentifikasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.3 Menganalisis kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.4 mengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
4.5   Menginterpretasi, memroduksi, menyunting, dan menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
Indikator:
4.5.1 Menginterpretasi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4.5.2 Memroduksi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4.5.3 Menyunting empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4.5.4 Menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.


C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1. Memahami kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
2. Mengidentifikasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3. Menganalisis kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
4. Mengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
5. Menginterpretasi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
6. Memroduksi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
7. Menyunting empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
8. Menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.

D.       Materi Pembelajaran
Fakta:
·       Berbagai contoh pragraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat aksara rekan.
Konsep:
·       Bentuk aksara rekan
No.
Aksara Rekan
Aksara latin
1.
k+
Kha
2.
p+
fa/va
3.
f+
Dza

4.
g+
gha
5.
j+
za

·       Tuladha paragraf Aksara Rekan
1.      Aksara Jawa dadi aksara latin

?mu=ghkji
?pkG+j+lilgiw[amu=ghkjik[rog/w[nyaikubup+timh. rwuh[azsTbvuj+mJ+m\
t=gtep[ro[npdfipri=zisiqikSiqik,semnaugkulw/gku. ?swi[skuwikulw/g[n pkG+j+liznkK[kacrtsku/rnK=zunD=mublig+\jen_[z ausTf+\j+ainufin\,ai=acr kuwik[bhpdsen_lnZ|cpH[kpnuwunMr=pkG+j+ lilnB|p+timh.

        Unine :
Munggah kaji
Pak Ghazali lagi wae munggah kaji karo garwane yaiku bu fatimah. Rawuhe ngasta banyu zam-zam. tangga teparone padha diparingi sithik-sithik, Semana uga kulawargaku.
Sawise kuwi kulawargane pak ghazali nganakake acara tasakuran kang ngundhang mubaligh jenenge ustadz zainudin. Ing acara kuwi kabeh padha seneng lan ngucapake panuwun marang  pak ghazali lan bu Fatimah.

2.      Aksara latin  dadi aksara jawa.

Kampuse Kakangku
(1)Aku duwe kakang sing jenenge mas Zainudin, dheweke kuliyah ing Sukoharjo. (2)Kampuse jenenge Universitas Veteran Bangun Nusantara, kang manggone sacedhake kantor bupati Sukoharjo. (3)Ing kana kakangku kuliyah ing fakultas keguruan lan ilmu pendhidhikan jurusan bahasa lan sastra Jawa.
 (4)Manawa sore sabubare kuliyah, mas Zainudin melu kegiatan mahasiswa olahraga voli. (5)Jarene kakangku kegiyatan mahasiswa ing kana akeh banget. (6)Mbesuk menawa wis lulus, aku kepingin kuliyah ing kampuse kakangku.

        Unine :
kmPu[skk=ku
(1)?akufu[wkk=si=jen_[zmsJ+ainufin\[d[w[kKkuliyhai=su[koa/[jo. (2)kmPu[sjen_[zUnipe+/sit[sP+ternBzunN|snTr,k=m=[go[nsced[kKk[nTo/buptisu[koa/[jo. (3)ai=knkk=kukuliyhai=p+kulTsKeguruanLnHilM|penDidi knJ|rusnBaslnSsÃ’`jw.
(4)?mnw[so[rsbub[rkuliyh,msJ+ainufi[nMlu kegiytnMasisWOlhrg[p+oli. (5)j[r[nkk=kukegiytnMasisWai=kn a[khbzet\, (6)a[mBsukMnwwisÓ|lus,akukepizinÑ|liyhai=kmPu[skk=ku.

Prinsip:
·       Karakteristik penerapan aksara rekan kedalam paragraf.

Prosedur:
·       Langkah-langkah memroduksi pragraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat aksara rekan.
·       Langkah-langkah menyajikan pragraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat aksara rekan.

E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·       Pendekatan saintifik
·       inquiri
·       diskusi
·       Eksperimen
·       Kerja kelompok

F.         Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.                   Media :
·       Teks aksara Jawa
2.                   Alat/bahan
·       LCD,laptop
·       Naskah Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
·       Buku, majalah, Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan, dll.
3.     Sumber Belajar
·       Santosa, Imam Budhi. 2010. Nguri-uri Paribasan Jawi. Klaten: Intan Pariwara.
·       Sasangka, Sry Satriya Wisnu. 2013. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa Edisi Revisi Cetakan Ke-4. Jakarta: Yayasan Pasramalingua.
·       Wedhawati, dkk. 2006. Tata Bahasa Jawa Mutakhir Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius.
·       Wibisana, Bayu dan Nanik Herawati. 2010. Pesona  Jawa. Klaten: Intan Pariwara.







G.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini.
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok.
·         Tiap-tiap kelompok mencoba dan mencermati dan mendokumentasikan temuannya sesuai pedoman tulisan aksara Jawa.
·         Secara individu siswa berkontribusi dalam mengidentifikasi menemukan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasarkan teks yang dicermatinya.
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya dan berkonfirmasi tentang aksara rekan yang ditemukan dalam teks Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan untuk dibahas jika terdapat perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Setiap siswa mendeskripsi Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasar temuannya.
·         Dalam kelompok, subkelompok siswa membaca konsep tentang karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan untuk dicocokkan dengan ciri-ciri yang ditemukan atas pengamatan dan tanya jawabnya.
Mencoba
·         Siswa mencoba merumuskan karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang dikaji dan dibahasnya.
·         Siswa bertukar temuan bersama anggota kelompok
·         Siswa perwakilan kelompok menguraikan karakter-istik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan dari teks yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain
Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakterristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.
Mengomunikasikan
·         Perwakilan tiap-tiap kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk oleh guru) menyampaikan/menayangkan simpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis) tentang deskripsi karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Melaksanakan tes
20 menit


Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·       contoh teks Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok (sesuai dengan jumlah teks Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan)
·         Masing-masing kelompok membaca dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri naskah yg dibaca) dan mendokumentasikan hasil penemuan-nya sesuai dengan teks Kinanthi baru yang dibacanya.
·         Secara individu mengidentifikasi hasil temuannya tentang ciri-ciri Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasarkan naskah yang dicermatinya.
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membaca konsep tentang karakter Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas pengamatan dan tanya jawabnya

Mencoba
·         Siswa mencoba merumuskan karakter naskah Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang dikajinya dan membahasnya, bertukar temuan bersama anggota kelompok.
·         Menguraikan karakter Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan dari naskah yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain


Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakter Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan masing-masing kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil kesimpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis) tentang deskripsi karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan

60 menit













Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Melaksanakan tes

20 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
Ditampilkan:
·      Contoh Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan untuk bahan apersepsi:
?[p+/omlin\,
?saikia[khpznNnK=znÔ|[tPo/mlin\,kyttau,bkMi, b[kSolnPznNnLiy[n.skJ[n[po/mlinHikugun[nk=[goz[wt[kmyit.am/g[go[lkM|rh,a[kh[wo=[fo[folPdmigu nkK[k[p+o/mlinK=[goz[wt[kpznNnÑ|wimau.

Wangsulan : Formalin. Saiki akeh panganan kang ngandhut formalin. Kayata tahu, bakmi, bakso lan panganan liyane. Sakjane Formalin iku gunane kanggo ngawetake mayit. Amarga golek murah, akeh wong dodol padha migunakake formalin kanggo ngawetake panganan kuwi mau.

contoh Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan ditampilkan sebagai apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
·         Masing-masing kelompok diberi data (konteks) yang berisi berbagai penggalan dari Struktur Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
·         Secara individu di tiap kelompok mencermati data yang dibagikan guru
·         Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa mencari, menemukan, menuliskan ciri tiap penggalan yang dicermatinya.
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dari tiap penggalan teks untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membandingkan konsep tentang struktur Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan lama dan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan baru untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang dikajinya.
Mencoba
·         Siswa bereksperimen untuk merumuskan maksud struktur  dalam Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan lama maupun Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan baru.
·         Menyiapkan alasan dan penjelasan atas ciri tiap struktur  secara berkelompok.
Mengasosiasi
·         Siswa mencoba mengestimasi tentang struktur  menurut versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·         Menyiapkan deskripsi struktur Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan berdasarkan estimasi kelompoknya.
Mengomunikasikan
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya tentang struktur Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
·         Tukar gagasan melalui diskusi kelas untuk mencapai kesimpulan klasikal tentang struktur Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan
·         Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
20 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·         Siswa merespon salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan lama dan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan baru.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan lama dan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Tanya jawab tentang kondisi anak muda sebagai apersepsi dan bahan motivasi.
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Menikmati tayangan/berita tentang sikap anak yang kurang santun, misalnya “Tawuran Pelajar” (sabagai contoh)
·         Secara individu siswa mencatat karakter dari masing-masing contoh sikap/kesantunan yang ditayangkan.
Menanya
·         Masing-masing siswa membuka dokumen kerja individu tentang karakter Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang disimpulkan pada pertemuan sebelumnya
·         Tiap siswa mencocokkan ciri/karakter yang ditemukan pada tayangan/berita dengan kesimpulan karakter Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan dan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang telah dipelajari sebelumnya.
Mencoba
·         Masing-masing siswa mulai menyusun  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Tiap siswa mencoba menyiapkan komentar tentang Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang dibuat oleh temannya
Mengasosiasi
·         Tiap siswa mengestimasikan amanat dan keindahan yang ditangkap pada pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang digubah oleh temannya.
·         Siswa secara berkelompok menginterpretasi dan keindahan yang ditangkap pada pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang digubah oleh temannya
·         Menyiapkan estimasinya amanat dan keindahan yang ditangkap pada pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan yang digubah oleh temannya dalam deskripsi singkat untuk bahan presentasi kelas.
Menyajikan
·         Mempresentasikan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan gubahannya secara tulisan dalam kelompoknya.
·         Mewakili kelompoknya mempresentasikan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.

Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan perbedaan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan.
·         Mencari karakteristik pada karya Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan lama dan Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan gubahan siswa.
·         Menyajikan salah satu Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan gubahan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·         Penilaian performen, lisan, tulisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti.
20 menit

H.       Penilaian
1.        Teknik penilaian                               : Pengamatan, Tes tertulis
2.        Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.        Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen
b.        Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Mampu membedakan aksara rekan dengan aksara yang lain.
Tes lisan dan tulis
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
3.

Keterampilan
a.        Terampil Menulis aksara jawa rekan.
b.        Terampil membaca aksara jawa rekan.

Tes lisan dan tulis

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi











Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sarbiyanto, S.Pd                                                                    
Boyolali, 12 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran




Bisri Nuryadi, S.Pd                                     

























Penilaian pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna aksara Jawa kang ngemu aksara rekan iku!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna tembung apa wae kang ngemu aksara rekan adhedhasar paragraf ing dhuwur!
Menganalisis  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Saka tembung-tembung iku, coba tuduhna aksara rekan!

Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tulis

Uraian

Paragraf kang ngemu Aksara rekan kang kowaca ing dhuwur, apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
Menginterpretasi  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun  tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian
Saka rong paragraf ing dhuwur, pilihen endi paragraf kang bener miturut kaidah panulisan aksara Jawa!

Memroduksi   Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Gawea Paragraf kang ngemu Aksara rekan!
Menyunting   Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  karya teman.
Tes tertulis
Uraian
Ijolna Paragraf garapanmu marang kanca samejamu, banjur telitinen garapane kancamu! Sawise koteliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!

Menyajikan  Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat Aksara rekan  lisan maupun tulisan.
Tes praktik
Demonstrasi/ penampilan
Andharna paragraf kang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!





                                                                                                                                                                       



           










































Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP Basa Jawa SMA/SMK KURIKULUM 2013"

Back To Top