RPP Pawarta kurikulum 2013 Bahasa Jawa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas/Semester        : XI/ Gasal
Materi Pokok           : Pawarta
Alokasi waktu          : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran
A.      Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Jawa serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan  anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dalam bentuk teks Pawarta bahasa Jawa.
Indikator :
1.1.1 menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  teks pawarta bahasa Jawa.
2.1  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks pawarta bahasa Jawa.
  Indikator :
  2.1.1 menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks pawarta bahasa Jawa.
 2.1.2  menunjukkan perilaku responsif dalam menulis teks pawarta bahasa Jawa.
 2.1.3  menunjukkan perilaku proaktif dalam meyajikan teks pawarta bahasa Jawa.
3.1  Menelaah teks pawarta bahasa Jawa.
Indikator:

3.1.1 Memahami  struktur dan kaidah pawarta.
3.1.2 Menganalisis  ragam, diksi, dan unggah-ungguh yang sesuai.
3.1.3 Mengevaluasi relevansi  pokok-pokok isi pawarta dengan kondisi masyarakat saat ini.
4.1  menanggapi isi pawarta dan menulis serta menyajikan pawarta bahasa Jawa.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi  pokok-pokok isi  lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memroduksi  teks pawarta bahasa Jawa  lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting  teks pawarta bahasa Jawa  karya teman.
4.1.4 Menyajikan  teks pawarta bahasa Jawa  lisan maupun tulisan.


C.      Tujuan Pembelajaran
1.       Tujuan Pembelajaran Pertemuan Pertama
a.    Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  pawarta bahasa Jawa.
b.    Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Pawarta bahasa Jawa.
c.    Peserta didik dapat memahami guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan
d.    Peserta didik dapat unsur pembangun teks.
e.    Peserta didik dapat menanggapi isi teks.


2.       Tujuan Pembelajaran Pertemuan Kedua
a.    Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  pawarta bahasa Jawa.
b.    Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Pawarta bahasa Jawa.
c.    Peserta didik dapat menganalisis niai-nilai dalam teks pawarta bahasa Jawa.
d.    Peserta didik dapat menghubungkan piutur luhur dalam teks pawarta bahasa Jawa dengan kondisi masyarakat saat ini.

3.       Tujuan pembelajaran Pertemuan ketiga
a.    Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  pawarta bahasa Jawa.
b.    Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Pawarta bahasa Jawa.
c.    Peserta didik dapat memahami teknik penulisan pawarta bahasa Jawa.
d.    Peserta didik memahami teknik penyuntingan pawarta bahasa Jawa
e.    Peserta didik memahami teknik penyajian pawarta bahasa Jawa secara lisan atau lisan.




D.      Materi Pembelajaran
1.       Struktur pawarta bahasa Jawa
a.    Guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan pawarta bahasa Jawa
b.    Watak pawarta bahasa Jawa.
2.       Kaidah pawarta bahasa Jawa
a.    Pemilihan kata
b.    Batangan (jawaban) dalam pawarta bahasa Jawa.
E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
         Pendekatan      :  saintifik
         Model              :  inquiry, discovery learning     
         Metode                     :  diskusi, Eksperimen, Kerja kelompok dan Kaji Pustaka

F.         Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media             : Teks pawarta bahasa Jawa.
Alat                : LCD
Sumber Belajar : Buku Peserta didik, teks pawarta bahasa Jawa, kamus Bausastra Jawa


G.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks pawarta bahasa Jawa digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini (naskah diserahkan pada guru untuk memilih)
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok
·         Tiap-tiap kelompok mencoba menyenandungkan dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri tembang yang dibacanya) dan mendokumentasikan temuannya sesuai (paramasastra, kawruh kagunan basa, kawruh subasita, ciri, makna, kaidah: guru lagu, guru wilangan, guru gatra, dll.)
·         Secara individu siswa berkontribusi dalam mengidentifikasi menemukan ciri-ciri pawarta bahasa Jawa berdasarkan teks yang dicermatinya dengan acuan kata tanya fakta (apa.., siapa..., kapan..., di mana,...., dan sejenisnya)
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya dan berkonfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dalam teks pawarta bahasa Jawa untuk dibahas jika terdapat perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Setiap siswa mendeskripsi pawarta bahasa Jawa berdasar temunnya
·         Dalam kelompok, subkelompok siswa membaca konsep tentang karakteristik pawarta bahasa Jawa untuk dicocokkan dengan ciri-ciri yang ditemukan atas pengamatan dan tanya jawabnya.
Mengeksplorasi
·         Siswa mencoba merumuskan karakteristik pawarta bahasa Jawa yang dikaji dan dibahasnya
·         Siswa bertukar temuan bersama anggota kelompok
·         Siswa perwakilan kelompok menguraikan karakter-istik pawarta bahasa Jawa dari teks yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain
Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakterristik pawarta bahasa Jawa berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.



Mengomunikasikan
·         Perwakilan tiap-tiap kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk oleh guru) menyampaikan/menayangkan simpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik pawarta bahasa Jawa
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik pawarta bahasa Jawa (hikayat, sejarah/tambo, kisah, dongeng fabel, mite, legenda, sage, parabel, dongeng jenaka, dan cerita berbingkai).
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada pawarta bahasa Jawa.
·         Melaksanakan tes

20 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik pawarta bahasa Jawa
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik pawarta bahasa Jawa)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik pawarta bahasa Jawa)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·      contoh teks pawarta bahasa Jawa baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok (sesuai dengan jumlah teks pawarta bahasa Jawa baru)
·         Masing-masing kelompok membaca dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri naskah yg dibaca) dan mendokumentasikan hasil penemuan-nya sesuai dengan teks Pocung baru yang dibacanya.
·         Secara individu mengidentifikasi hasil temuannya tentang ciri-ciri pawarta bahasa Jawa berdasarkan naskah yang dicermatinya berdasarkan acuan kata tanya fakta (apa..., siapa..., kapan..., di mana..., dan sejenisnya)

Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membaca konsep tentang karakter pawarta bahasa Jawa untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas pengamatan dan tanya jawabnya

Mengeksplorasi
·         Siswa mencoba merumuskan karakter naskah pawarta bahasa Jawa yang dikajinya dan membahasnya, bertukar temuan bersama anggota kelompok.
·         Menguraikan karakter pawarta bahasa Jawa dari naskah yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain

Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakter pawarta bahasa Jawa berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan masing-masing kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil kesimpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik pawarta bahasa Jawa

60 menit













Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik pawarta bahasa Jawa (roman, novel, cerpen, biografi, dan prosa populer).
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada pawarta bahasa Jawa.
·         Melaksanakan tes
20 menit
Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik pawarta bahasa Jawa lama dan pawarta bahasa Jawa baru.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik pawarta bahasa Jawa dan pawarta bahasa Jawa) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
Ditampilkan:
·      Contoh pawarta bahasa Jawa lama untuk bahan apersepsi:




penggalan  pawarta bahasa Jawa lama dan pawarta bahasa Jawa baru ditampilkan sebagai apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
·         Masing-masing kelompok diberi data (konteks) yang berisi berbagai penggalan dari Struktur pawarta bahasa Jawa
·         Secara individu di tiap kelompok mencermati data yang dibagikan guru
·         Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa mencari, menemukan, menuliskan ciri tiap penggalan yang dicermatinya.
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dari tiap penggalan teks untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membandingkan konsep tentang struktur pawarta bahasa Jawa lama dan pawarta bahasa Jawa baru untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang dikajinya.
Mengeksplorasi
·         Siswa bereksperimen untuk merumuskan maksud struktur tembang baik dalam pawarta bahasa Jawa lama maupun pawarta bahasa Jawa baru.
·         Menyiapkan alasan dan penjelasan atas ciri tiap struktur tembang secara berkelompok.
Mengasosiasi
·         Siswa mencoba mengestimasi tentang struktur tembang menurut versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·         Menyiapkan deskripsi struktur pawarta bahasa Jawa berdasarkan estimasi kelompoknya.
Mengomunikasikan
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya tentang struktur pawarta bahasa Jawa (lama dan baru)
·         Tukar gagasan melalui diskusi kelas untuk mencapai kesimpulan klasikal tentang struktur pawarta bahasa Jawa
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur pawarta bahasa Jawa (lama dan baru)
·         Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
20 menit


H.      Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.    Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran

Rubrik Instrumen
a.    Peniaian Sikap
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3













4













5













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
Lembar Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa
Kelas/Program    : X / TKJ/ MM
Kompetensi        : Sikap
Materi               : Pawarta bahasa Jawa

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.    1









2.    2









3.     









4.     









5.     









6.     









7.     









8.     









9.     


















































Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang








b.     Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

















































Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.      

Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.     Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

2.     Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

3.     Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4







4.      
Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


5.      
Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


6.      
Soal nomor 6
Aspek
Tingkat
Skor
Pekerjaan siswa benar dan sangat baik
AB
4
Pekerjaan siswa benar dan baik
B
3
Pekerjaan siswa benar  dan sedang
S
2
Pekerjaan siswa kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4
7.      
Soal nomor 7
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menyunting dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menyunting benar dan baik
B
3
Siswa menyunting benar  dan sedang
S
2
Siswa menyunting kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

8.      
Soal nomor 9
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menyanyikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menyanyikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa menyanyikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa menyanyikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


Penilaian Proyek

No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
2
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
3
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
i.                              
4
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang


4

3

2

1

5
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


4
3

2

1
6
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

4
3
2
1


Soal nomor 8
HAL-HAL YANG DIAMATI

Kesesuaian
4… Sesuai dengan kaidah dan struktur
3… Sebagian sesuai dengan kaidah dan struktur
2...Sebagian sesuai kaidah tetapi struktur tidak atau sebaliknya
1… Tidak sesuai dengan kaidah dan struktur
Kelengkapan (ada peringatan-saran)
4… Ada bagian peringatan dan saran
3… Ada bagian peringatan atau saran saja
2      Ada sebagian peringatan atau larangan tidak sesuai
1...Tidak sesuai dengan kelengkapan
Kelogisan
4……alasan mendukung pernyataan disertai dasar
3....alasan mendukung tapi tidak bisa menunjukkan dasar
2……alasan kurang mendukung pernyataan
1……alasan tidak mendukung pernyataan
Kelancaran dan Keruntutan
4… Tidak tersendat-sendat sehingga  mudah diikuti
3...lancar tapi ada beberapa bagian yang tidak runtut
2… Beberapa kali tersendat-sendat/ berhenti untuk berpikir
1… Selalu berhenti untuk mengingat-ingat
Penggunaan Bahasa
4… Bahasa komunikatif dan sederhana, tidak menghafal
3...lancar tetapi terlalu sering mengulang bahasa yang sama
2… Struktur kalimat terlalu panjang sehingga sukar dipahami
1… Kalimat rumit dan tidak logis

Pelafalan dan Intonasi
4… Pelafalan jelas dan tepat, intonasi bervariasi
3.. pelafalan jelas dan tepat tanpa variasi
2… Pelafalan jelas dan tepat tetapi intonasi monoton
1… Pelafalan tidak jelas dan tepat, intonasi monoton
Penampilan
4… Gerakan tubuh bermakna dan mendukung isi
3... gerakan tubuh bermakna tetapi kurang mahir dalam improvisasi
2… Beberapa gerakan kurang sesuai dengan isi
1… Banyak gerakan yang tidak wajar dan tidak sesuai dengan isi 


Lampiran 2
a.    Lembar Kinerja Presentasi

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa
Kelas/Program    : XI / TKJ/MM
Kompetensi        : Kinerja

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jumlah Skor
Nilai
Presentasi
Isi Laporan
kelancaran
Kebahasaan
Kelengkapan
kesesuaian
Kelogisan
sistematis
1.    1









2.    2









3.     









4.     









5.     









6.     









7.     









8.     









9.     








































Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang


Lampiran 3
b.    Lembar Penilaian Portofolio

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa
Kelas/Peminatan      : XI / TKJ/MM
Materi Pokok           : Pawarta bahasa Jawa


No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor rata-rata
Nilai
Tampilan
Kelengkapan
Kerapihann
Penyajian Data


1.             

3
4
4
3


3,5
83
2.             









3.             









4.             









5.             









6.             









7.             









8.             









9.             









10.          









11.          









12.          









13.          









14.          









15.          









16.          









17.          









18.          









19.          









20.          









21.          









22.          









23.          









24.          









25.          









26.          









27.          









28.          









29.          









30.          









31.          









32.          











Boyolali,    Juli 2014








Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP Pawarta kurikulum 2013 Bahasa Jawa"

Back To Top