Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Crita lucu Wayang

Wayang Snack

Di mana ada pertunjukan wayang, di situ ada snack. Begitulah semboyan Jon Koplo dan Tom Gembus, dua sobat karib mahasiswa universitas swasta yang ngekos di Pabelan ini. Mereka sering keluar malam untuk mencari hiburan gratis. Dan wayang selalu menjadi jawabannya. Karena di Solo Raya sering sekali menggelar pertunjukan wayang kulit.
Seperti beberapa pekan yang lalu, salah satu kantor dinas di Solo merayakan hari ulang tahun dengan nanggap wayang semalam suntuk. Koplo dan Gembuspun bergegas menuju tempat itu. Seperti biasa, setelah parkir mereka masuk dan menerima snack secara gratis, lalu duduk di kursi yang kosong.
Sudah menjadi kebiasaan Koplo, kalau menonton wayang pasti ndhobel snack.
Sik ya, Mbus. Biasa…” kata Koplo sambil berdiri.
Gembus Cuma mesem sambil makan snack-nya. Ia sudah tahu apa yang akan dilakukan temannya itu.
Koplo keluar dari tarub dengan mlipir-mlipir lewat pintu samping. Dengan idenya yang cemerlang, Koplo kembali masuk melalui pintu depan. Terang saja, ia dikasih snack lagi oleh petugas tanpa ada kecurigaan sedikit pun.
Setelah jam berlalu, saat seasion limbukan, Koplo njenggirat  kaget ketika sang dalang bilang, ”Bocah kos-kosan kae yen nonton wayang mesti ndhobel snack.”
“Ha..ha..ha..”  sontak suara penonton riuh, termasuk Tom Gembus.
Konangan kowe, Plo!” ejek Gembus sambil ngguyu kemekelen.

Asem ik, dhalange ampuh tenan… Ngerti-ngerti men yen aku ndhobel,” batin Koplo sambil menyembunyikan  mukanya. Padahal dalang itu di setiap pertunjukan selalu mengeluarkan banyolan seperti itu untuk mencairkan keadaan…

Bisri Nuryadi, Bolon, Rt 004/002 Colomadu Karanganyar

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Crita lucu Wayang"

Back To Top