Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

RPP Kurikulum 2013 Tembang Pocung untuk SMA/SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                   : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran        : Bahasa Jawa
Kelas/Semester       : XI/ Gasal
Materi Pokok          : Tembang Pocung
Alokasi waktu        : 3 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Jawa serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1     Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan  anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
Indikator :
1.1.1 menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  serat Wedhatama pupuh Pocung.
2.1  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
  Indikator :
  2.1.1 menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
 2.1.2  menunjukkan perilaku responsif dalam mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
 2.1.3  menunjukkan perilaku proaktif dalam mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
3.1  Menelaah teks serat wedhatama pupuh Pocung.
Indikator:

3.1.1 Memahami  guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan
3.1.2 Memahami unsur pembangun teks.
3.1.3 Menganalisis  nilai-nilai dalam teks Wedhatama pupuh Pocung.
3.1.4 Mengevaluasi relevansi  pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat ini.
4.1  menanggapi isi serat Wedhatama pupuh Pocung dan menulis serta menyajikan syair pocung tembang Pocung.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi  pitutur luhur  tembang Pocung  lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memroduksi  syair tembang Pocung  lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting  syair tembang Pocung  karya teman.
4.1.4 Menyajikan  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.

C.       Tujuan Pembelajaran
1.       Tujuan Pembelajaran Pertemuan Pertama
a.        Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  serat Wedhatama pupuh Pocung.
b.        Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
c.        Peserta didik dapat memahami guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan
d.        Peserta didik dapat unsur pembangun teks.
e.        Peserta didik dapat menanggapi isi teks.
2.       Tujuan Pembelajaran Pertemuan Kedua
a.        Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  serat Wedhatama pupuh Pocung.
b.        Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
c.        Peserta didik dapat menganalisis niai-nilai dalam teks Wedhatama pupuh Pocung.
d.        Peserta didik dapat menghubungkan piutur luhur dalam teks Wedhatama pupuh Pocung dengan kondisi masyarakat saat ini.
3.       Tujuan pembelajaran Pertemuan ketiga
a.        Peserta didik menunjukkan perilaku anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dengan menggunakannnya sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  serat Wedhatama pupuh Pocung.
b.        Peserta didik menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
c.        Peserta didik dapat memahami teknik penulisan tembang pocung.
d.        Peserta didik memahami teknik penyuntingan tembang Pocung
e.        Peserta didik memahami teknik penyajian tembang Pocung secara lisan atau lisan.

D.       Materi Pembelajaran
1.       Struktur tembang Pocung
a.        Guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan tembang Pocung
b.        Watak tembang Pocung.
2.       Kaidah tembang Pocung
a.        Pemilihan kata
b.        Batangan (jawaban) dalam tembang Pocung.

E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
Pendekatan               :  saintifik
Model                         :  inquiry
Metode                      :  diskusi, Eksperimen, Kerja kelompok dan Kaji Pustaka

F.         Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                         : Teks tembang Pocung.
Alat                            : LCD
Sumber Belajar : Buku Peserta didik, teks tembang Pocung, kamus Bausastra Jawa

G.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 9
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks tembang Pocung digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini (naskah diserahkan pada guru untuk memilih)
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok
·         Tiap-tiap kelompok mencoba menyenandungkan dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri tembang yang dibacanya) dan mendokumentasikan temuannya sesuai (paramasastra, kawruh kagunan basa, kawruh subasita, ciri, makna, kaidah: guru lagu, guru wilangan, guru gatra, dll.)
·         Secara individu siswa berkontribusi dalam mengidentifikasi menemukan ciri-ciri tembang Pocung berdasarkan teks yang dicermatinya dengan acuan kata tanya fakta (apa.., siapa..., kapan..., di mana,...., dan sejenisnya).
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya dan berkonfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dalam teks tembang Pocung untuk dibahas jika terdapat perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Setiap siswa mendeskripsi tembang Pocung berdasar temunnya
·         Dalam kelompok, subkelompok siswa membaca konsep tentang karakteristik tembang Pocung untuk dicocokkan dengan ciri-ciri yang ditemukan atas pengamatan dan tanya jawabnya.
Mengeksplorasi
·         Siswa mencoba merumuskan karakteristik tembang Pocung yang dikaji dan dibahasnya
·         Siswa bertukar temuan bersama anggota kelompok
·         Siswa perwakilan kelompok menguraikan karakter-istik tembang Pocung dari teks yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain
Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakterristik tembang Pocung berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.
Mengomunikasikan
·         Perwakilan tiap-tiap kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk oleh guru) menyampaikan/menayangkan simpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik tembang Pocung
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Pocung (hikayat, sejarah/tambo, kisah, dongeng fabel, mite, legenda, sage, parabel, dongeng jenaka, dan cerita berbingkai).
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada tembang Pocung.
·         Melaksanakan tes
20 menit

Pertemuan 10
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Pocung
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Pocung)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik tembang Pocung)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·         contoh teks tembang Pocung baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok (sesuai dengan jumlah teks tembang Pocung baru)
·         Masing-masing kelompok membaca dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri naskah yg dibaca) dan mendokumentasikan hasil penemuan-nya sesuai dengan teks Pocung baru yang dibacanya.
·         Secara individu mengidentifikasi hasil temuannya tentang ciri-ciri tembang Pocung berdasarkan naskah yang dicermatinya berdasarkan acuan kata tanya fakta (apa..., siapa..., kapan..., di mana..., dan sejenisnya)
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membaca konsep tentang karakter tembang Pocung untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas pengamatan dan tanya jawabnya
Mengeksplorasi
·         Siswa mencoba merumuskan karakter naskah tembang Pocung yang dikajinya dan membahasnya, bertukar temuan bersama anggota kelompok.
·         Menguraikan karakter tembang Pocung dari naskah yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain
Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakter tembang Pocung berdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.
Mengomunikasikan
·         Perwakilan masing-masing kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil kesimpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik tembang Pocung.
60 menit













Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Pocung (roman, novel, cerpen, biografi, dan prosa populer).
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada tembang Pocung.
·         Melaksanakan tes
20 menit

Pertemuan 11
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik tembang Pocung lama dan tembang Pocung baru.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Pocung dan tembang Pocung) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
Ditampilkan:
·      Contoh tembang Pocung lama untuk bahan apersepsi:
Ngelmu niku kalakone kanthi laku
Lekase lawan kas
Tegese kas nyantosani
Setya budya pangekese dur angkara
penggalan  tembang Pocung lama dan tembang Pocung baru ditampilkan sebagai apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
·         Masing-masing kelompok diberi data (konteks) yang berisi berbagai penggalan dari Struktur tembang Pocung
·         Secara individu di tiap kelompok mencermati data yang dibagikan guru
·         Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa mencari, menemukan, menuliskan ciri tiap penggalan yang dicermatinya.
Menanya
·         Antar siswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dari tiap penggalan teks untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membandingkan konsep tentang struktur tembang Pocung lama dan tembang Pocung baru untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang dikajinya.
Mengeksplorasi
·         Siswa bereksperimen untuk merumuskan maksud struktur tembang baik dalam tembang Pocung lama maupun tembang Pocung baru.
·         Menyiapkan alasan dan penjelasan atas ciri tiap struktur tembang secara berkelompok.
Mengasosiasi
·         Siswa mencoba mengestimasi tentang struktur tembang menurut versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·         Menyiapkan deskripsi struktur tembang Pocung berdasarkan estimasi kelompoknya.
Mengomunikasikan
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya tentang struktur tembang Pocung (lama dan baru)
·         Tukar gagasan melalui diskusi kelas untuk mencapai kesimpulan klasikal tentang struktur tembang Pocung
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur tembang Pocung (lama dan baru)
·         Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
20 menit

H.       Penilaian
1.        Teknik penilaian                               : Pengamatan, Tes tertulis
2.        Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.        Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen
b.        Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Mampu menulis paragraf sesorah dengan benar.
Tulis
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
3.

Keterampilan
a.        Terampil menyajikan sesorah dengan tepat.

Tes lisan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


Mengetahui,
Kepala Sekolah



Sarbiyanto, S.Pd                                                                    
Boyolali, 12 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran



Bisri Nuryadi, S.Pd                                     

Lampiran :
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami  watak  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna kepiye watake tembang Pocung!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Kepiye guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune tembang Pocung?
Menganalisis  pitutur luhur  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang Pocung kang kowaca?
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tulis

Uraian

Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Pocung kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
Menginterpretasi  pitutur luhur  tembang Pocung  lisan maupun  tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Apa sliramu/siswa setuju karo pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Pocung kang kowaca?
Memroduksi  syair tembang Pocung  lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Gawea cakepan (syair) tembang Pocung adhedhasar guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune!
Menyunting  syair tembang Pocung  karya teman.

Tes tertulis
Uraian
Ijolna cakepan tembang Pocung garapanmu marang kanca samejamu, banjur telitinen garapane kancamu! Sawise koteliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!
Menyajikan  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.
Tes praktik
Demonstrasi/ penampilan
Tembangna tembang Pocung kang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.          Watake tembang Pocung iku bisa medharake sedhih, susah.
2.          Tembang Pocung kadadean saka 4 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 12 u, 6 a, 8 i, 12 a
3.          Pitutur luhur ing tembang Pocung yaiku
4.          Pitutur luhur ing tembang Pocung isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
5.          (Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Pocung, redaksi bahasa siswa).
6.          (Pekerjaan siswa diteliti guru gatra, guru wilangan, dan guru lagunya, serta isinya apakah sesuai dengan watak tembang Pocung).
7.          (Penilaian sikap dan tanggung jawab dalam menyunting pekerjaan teman).
8.          (Penilaian praktik).




Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP Kurikulum 2013 Tembang Pocung untuk SMA/SMK"

Back To Top