RPP sesorah / Pidato Kurikuum 2013 bahasa Jawa

maarif
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CAB BOYOLALI
SMK KARYA NUGRAHA
Sariasih Karanggeneng, Boyolali. Telp : (0276)321749 Fax : 3293749
Email : smkknbi@yahoo.co.id  Website : smk-karyanugraha-by.sch.id

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
F. KUR : 52
Hal : 1
Edisi : 1
Revisi : 0


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                   : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran       : Bahasa Jawa
Kelas/Semester      : XI/ Gasal
Materi Pokok         : Sesorah
Alokasi waktu       : 3 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI 1 :                            Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :                       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :          Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :             Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3  Menerima,  mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa  bahasa Jawa dalam bentuk teks empat paragraf  aksara Jawa.
2.3   Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Jawa  melalui teks  empat paragraf  aksara Jawa .
3.3  Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, dan Menelaah teks sesorah.
Indikator:
3.3.1 Memahami kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.2 mengidentifikasi kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.3 Menganalisis kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.4 mengevaluasi kaidah  penulisan teks sesorah.
4.5   Menanggapi, menulis, menyajikan teks sesorah..
Indikator:
4.5.1 Menanggapi,  teks sesorah..
4.5.2 Menulis teks sesorah..
4.5.3 Menyajikan teks sesorah..


C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
3.3.1 Memahami kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.2 mengidentifikasi kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.3 Menganalisis kaidah  penulisan teks sesorah.
3.3.4 mengevaluasi kaidah  penulisan teks sesorah.
4.5.1 Menanggapi,  teks sesorah..
4.5.2 Menulis teks sesorah..
4.5.3 Menyajikan teks sesorah..


D.       Materi Pembelajaran

·       Berbagai contoh paragraf sesorah
Wacanen teks pidhato ing ngisor iki kanthi swara nyaring
Gumregah Nggayuh Kuncaraning Bangsa
Assalamualaikum Wr Wb
Dumatheng Pangemban pangembating praja satriyaning negari ingkang tansah kula bekteni. Saderengipun kula nyuwun agunging pangapunten amargi kumowantun cumantaka matur ngadeg wonten ngarsa panjenengan sedaya.
Salajengipun sumangga kula aturi sesarengan ngunjuaken raos puji syukur dumatheng Allah SWT, ingkang sampun paring kasarasan, karaharjan, satemah wonten enjang punika kita taksih saged kempal manunggal hangrawuhi adicara punika.
Sagung para rawuh kakung miwah putri ingkang kula hormati
Kita sedaya mangertos bilih Bangsa Indonesia sampun mijil 64 tahun kepengker, ananging bangsa punika taksih tebih katilar dening bangsa-bangsa sanes , punika kedah dipun galeh sareng-sareng. Menapa ingkang andamel bangsa kita mboten enggal-enggal majeng? Ananging wonten salebetipun gangsal warsa pungkasan ,, bangsa Indonesia sampun ngedalaken kemampuan aslinipun, kathah para siswa ingkang nggondol medali emas wonten Olimpiade Fisika, Matematika. Punika mratandakake bilih bangsa Indonesia sanggup gumregah ngoyak ketinggalan saking bangsa-bangsa manca.
Indonesia inggih punika nagari ingkang subur, gemah ripah loh jinawi lir Negari Khatulistiwa ingkang anggadahi iklim tropis, kedahipun ndamel rakyat Indonesia, boten namung mekaten, wonten tlatah nuswantara mriki sampun nate mijil kerajaan-kerajaan ingkang adi luhung,ingkang nggadahi nami arum, kadasta Majapahit lan Sriwijaya, punika bukti bilih wiwit atusan tahun kepengker tlatah Nuswantara samupun kawentar endahipun saha majengipun.
Majapahit kanthi armada perang ingkang agung, ingkang mboten saged dikalahaken dening bangsa-bangsa Asia. Bangsa Indonesia sampun ngalami perjuangan nglawan penjajah atusan tahun kanthi korban mayuta-yuta. Menapa badhe kita kesupenaken jasa mulya utama saking para pahlawan kita? Sampun ngantos, jalaran Bangsa ingkang agung inggih bangsa ingkang ngagungaken pahlawanipun.
Sagung para rawuh kakung sumawana putrid ingkang tansah kinurmatan!

E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·       Pendekatan saintifik
·       Dicovery Learning
·       diskusi
·       Eksperimen
·       Kerja kelompok

F.         Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.                   Media :
·       Teks paragraf sesorah
2.                   Alat/bahan
·       LCD,laptop
·       Teks paragraf sesorah
·       Buku, majalah, Teks paragraf sesorah

3.     Sumber Belajar
·        Baoesastra Djawa
·        Wedhatama
·      Tripama, KGPAA Mangkoenegara IV

·          Kapustakan Djawi
·          Teks Sesorah
·          Buku Bahasa Jawa


G.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 5
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks Paragraf sesorah  digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini.
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·      membaca contoh teks
sesorah
·      mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur
dan kaidah teks sesorah
Menanya
·      mempertanyakan ketepatan
pilihan kata
·      membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks sesorah
Mengumpulkan informasi
·      menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam teks sesorah
·      menulis teks sesorah dengan
·         ragam, diksi, dan unggah- unggah basa yang sesuai dengan konteks dan norma berbahasa.
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik paragraf sesorah
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada paragraf sesorah
·         Melaksanakan tes.
20 menit

Pertemuan 6
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks Paragraf sesorah  digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini.
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·      membaca contoh teks
sesorah
·      mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur
dan kaidah teks sesorah
Menanya
·      mempertanyakan ketepatan
pilihan kata
·      membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks sesorah
Mengumpulkan informasi
·      menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam teks sesorah
·      menulis teks sesorah dengan
·         ragam, diksi, dan unggah- unggah basa yang sesuai dengan konteks dan norma berbahasa.
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik paragraf sesorah
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada paragraf sesorah
·         Melaksanakan tes.
20 menit

Pertemuan 7
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks Paragraf sesorah  digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini.
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·      membaca contoh teks
sesorah
·      mencermati uraian yang
berkaitan dengan struktur
dan kaidah teks sesorah
Menanya
·      mempertanyakan ketepatan
pilihan kata
·      membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks sesorah
Mengumpulkan informasi
·      menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam teks sesorah
·      menulis teks sesorah dengan
·         ragam, diksi, dan unggah- unggah basa yang sesuai dengan konteks dan norma berbahasa.
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik paragraf sesorah
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada paragraf sesorah
·         Melaksanakan tes.
20 menit


H.       Penilaian
1.        Teknik penilaian                               : Pengamatan, Tes tertulis
2.        Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.        Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen
b.        Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Mampu menulis paragraf sesorah dengan benar.
Tulis
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
3.

Keterampilan
a.        Terampil menyajikan sesorah dengan tepat.


Tes lisan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi








Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sarbiyanto, S.Pd                                                                    
Boyolali, 12 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran




Bisri Nuryadi, S.Pd                                     











Penilaian pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami Paragraf sesorah
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Terangna isine naskah pidhato ing dhuwur !
Wangsulan :
Isine minangka kanggo nyemangati para siswa kabeh supaya ing dina Pendhidhikan iki kabeh bisa ngupaya kaya ngapa mesthine. Uga ing pidhato kuwi dijlentrehake babagan jenis-jenise pemimpin miturut R.Ng Ronngowarsito kareben kabeh padha mangerteni babagan pendhidhikan.

Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  Paragraf sesorah.
Tes lisan/ tertulis
Uraian
      Tuduhna perangane pidhato ing dhuwur iku !
Wangsulan :
Uluk salam utawa pambuka, Purwaka basa: Atur pakurmatan, atur puja puji, atur panuwun, Surasane basa utawa isine pidhato, Salam penutup

Menyajikan sesorah dengan benar dan tepat.

Tes lisan
Tes lisan
Paragakna pidhato ing dhuwur mau ana ngarep kelas!
Wangsulan :
Kreativitas Siswa



                                                                                                                                                                                                                               



               










































Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP sesorah / Pidato Kurikuum 2013 bahasa Jawa"

Back To Top