RPP Bahasa Jawa mantu Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMK
Mata Pelajaran        : Bahasa Jawa
Kelas/Semester       : XI/ Gasal
Materi Pokok          : Mantu
Alokasi waktu        : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Jawa serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.4  Menerima anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dan menggunakannya secara lisan maupun tulisan melalui  kawruh budaya mantu sesuai dengan kaidah dan konteks untuk memahami  budaya bangsa.
2.1.4  Menunjukkan  perilaku  jujur, santun,  responsif,  dan proaktif  dalam menggunakan bahasa Jawa  melalui  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mengekspresikan permasalahan  sosial dan alam.
3.1.4  Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi  adat mantulisan maupun tulisan.
Indikator:

3.1.4 Memahami  konsep  berdasarkan rasa ingin tahu  tentang  kawruh budaya mantu   lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah
3.2.4 Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  kawruh budaya mantu  lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah
3.3.4 Menganalisis  pitutur luhur  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah
3.4.4 Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah

4.1  Menginterpretasi, memroduksi, menyunting, dan menyajikan  adat mantu secara lisan maupun  tulisan.
Indikator:
4.1.4 Menginterpretasi  pitutur luhur  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan  sesuai kaidah keilmuan
4.2.4 Memroduksi  wacana  dalam acara mantu lisan dan tulisan sesuai kaidah  kebudayaan
4.3.4 Menyunting  wacana  dalam acara mantu sesuai kaidah  kebudayaan
4.4.4 Menyajikan  wacana dalam acara adat mantu lisan maupun tulisan sesuai kaidah kebudayaan

C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.        Memahami  konsep  berdasarkan rasa ingin tahu  tentang  kawruh budaya mantu   lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
2.        Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  kawruh budaya mantu  lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
3.        Menganalisis  pitutur luhur  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
4.        Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
5.        Menginterpretasi  pitutur luhur  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan  sesuai kaidah keilmuan.
6.        Memroduksi  wacana  dalam acara mantu lisan dan tulisan sesuai kaidah  kebudayaan.
7.        Menyunting  wacana  dalam acara mantu sesuai kaidah  kebudayaan.
8.        Menyajikan  wacana dalam acara adat mantu lisan maupun tulisan sesuai kaidah kebudayaan.

D.       Materi Pembelajaran
Fakta:
·       Berbagai contoh pitutur luhur  kawruh budaya mantu.
Konsep:
·       makna.
·       tatacara adat mantu
Prinsip:
·       Karakteristik kawruh budaya mantu lama.
·       Karakteristik kawruh budaya mantu baru.
Prosedur:
·       Langkah-langkah memroduksi pitutur luhur kawruh budaya mantu.
·       Langkah-langkah menyajikan adat budaya mantu.

E.       Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·       Pendekatan saintifik
·       inquiry, discovery learning
·       diskusi
·       Eksperimen
·       Kerja kelompok dan Kaji Pustaka

F.         Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.                   Media :
·       Internet
·       Lab bahasa
2.                   Alat/bahan
·       LCD, speaker aktif, laptop
·       Video mantu
·       Buku, koran, majalah, dan kliping tentang budaya mantu dll.


G.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·          Apersepsi dan Motivasi.
·         Contoh teks adat mantu(lama) digunakan sebagai stimulan dengan sejumlah pertanyaan untuk memasuki kegiatan ini (naskah diserahkan pada guru untuk memilih)
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok (adat mantuproduk lama)
·         Tiap-tiap kelompok mencoba menyenandungkan dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri adat budaya mantu yang dibacanya) dan mendokumentasikan temuannya sesuai (paramasastra, kawruh kagunan basa, kawruh subasita, ciri, makna, dll.)
·         Secara individu siswa berkontribusi dalam mengidentifikasi menemukan ciri-ciri adat mantu berdasarkan teks yang dicermatinya dengan acuan kata tanya fakta (apa.., siapa..., kapan..., di mana,...., dan sejenisnya)
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya dan berkonfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dalam teks adat mantuuntuk dibahas jika terdapat perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Setiap siswa mendeskripsi adat mantuberdasar temuannya
·         Dalam kelompok, subkelompok siswa membaca konsep tentang karakteristik adat mantuuntuk dicocokkan dengan ciri-ciri yang ditemukan atas pengamatan dan tanya jawabnya.
Mencoba
·         Siswa mencoba merumuskan karakteristik adat mantuyang dikaji dan dibahasnya
·         Siswa bertukar temuan bersama anggota kelompok
·         Siswa perwakilan kelompok menguraikan karakter-istik adat mantudari teks yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain
Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakterristik adat mantuberdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan tiap-tiap kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk oleh guru) menyampaikan/menayangkan simpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik adat budaya mantu
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik adat mantu.
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada adat mantu
·         Melaksanakan tes

20 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik adat budaya mantu.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik adat budaya mantu )  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik adat budaya mantu )
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·       contoh teks adat mantu baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         Kelas dibagi menjadi 10 kelompok (sesuai dengan jumlah teks adat mantu)
·         Masing-masing kelompok membaca dan mencermati (mencari dan menemukan ciri-ciri naskah yg dibaca) dan mendokumentasikan hasil penemuan-nya sesuai dengan teks  baru yang dibacanya.
·         Secara individu mengidentifikasi hasil temuannya tentang ciri-ciri adat mantuberdasarkan naskah yang dicermatinya berdasarkan acuan kata tanya fakta (apa..., siapa..., kapan..., di mana..., dan sejenisnya)

Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membaca konsep tentang karakter adat mantuuntuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas pengamatan dan tanya jawabnya

Mencoba
·         Siswa mencoba merumuskan karakter naskah adat mantuyang dikajinya dan membahasnya, bertukar temuan bersama anggota kelompok.
·         Menguraikan karakter adat mantudari naskah yang dikajinya untuk bahan bahasan dengan kelompok lain

Mengasosiasi
·         Siswa mengelompokkan karakter adat mantuberdasarkan naskah hasil tukar gagasan bersama kelompok lainnya.
·         Siswa mencoba menyimpulkan dan mengestimasikan tambahan karakter pada konsep yang dibacanya atas dasar kajian naskah yang dibahas.

Mengomunikasikan
·         Perwakilan masing-masing kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil kesimpulannya.
·         Melaporkan hasil penelitian dan pengembangan (tertulis/lisan) tentang deskripsi karakteristik adat budaya mantu

60 menit













Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik adat mantu.
·         Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada adat mantu
·         Melaksanakan tes

20 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik adat mantulama dan adat mantu baru.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik adat mantudan adat budaya mantu ) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
Ditampilkan:
Urutan Tatacara Mantu Minurut adat Jawa
Wong Jawa kuwi pra mligi ana ing Kabupaten Blora thok. Semono uga wong mantu ya ora mung siji tatacarane. Tlatah siji lan sijine mesthi duweni paugeran kang beda. Tatacara mantu ing Blora, Orang padha karo ing Semarang beda karo ingSurabaya, lan liya-liyane

penggalan diatas contoh adat mantulama dan adat mantu baru ditampilkan sebagai apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
·         Masing-masing kelompok diberi data (konteks) yang berisi berbagai penggalan dari Struktur adat budaya mantu
·         Secara individu di tiap kelompok mencermati data yang dibagikan guru
·         Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa mencari, menemukan, menuliskan ciri tiap penggalan yang dicermatinya.
Menanya
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dari tiap penggalan teks untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membandingkan konsep tentang struktur adat mantulama dan adat mantu baru untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang dikajinya.
Mencoba
·         Siswa bereksperimen untuk merumuskan maksud struktur adat budaya mantu baik dalam adat mantulama maupun adat mantu baru.
·         Menyiapkan alasan dan penjelasan atas ciri tiap struktur adat budaya mantu secara berkelompok.
Mengasosiasi
·         Siswa mencoba mengestimasi tentang struktur adat budaya mantu menurut versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·         Menyiapkan deskripsi struktur adat mantuberdasarkan estimasi kelompoknya.
Mengomunikasikan
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya tentang struktur adat mantu(lama dan baru)
·         Tukar gagasan melalui diskusi kelas untuk mencapai kesimpulan klasikal tentang struktur adat budaya mantu
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur adat mantu(lama dan baru)
·         Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
20 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·         Siswa merespon salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik adat mantu lama dan adat mantu baru.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik adat mantulama dan adat mantu baru) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Tanya jawab tentang kondisi anak muda (baik amanat yang diangkat dari adat mantulama maupun kehidupan anakn muda terkini) sebagai apersepsi dan bahan motivasi.
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Menikmati tayangan tentang orang yang sedang punya hajatan. (sabagai contoh)
·         Secara individu siswa mencatat karakter dari masing-masing contoh sikap/kesantunan yang ditayangkan.
Menanya
·         Masing-masing siswa membuka dokumen kerja individu tentang karakter adat mantuyang disimpulkan pada pertemuan sebelumnya
·         Tiap siswa mencocokkan ciri/karakter yang ditemukan pada tayangan/berita dengan kesimpulan karakter adat mantudan adat mantuyang telah dipelajari sebelumnya
Mencoba
·         Masing-masing siswa mulai menyusun syair adat mantu
·         Tiap siswa mencoba menyiapkan komentar tentang amanat pada adat mantuyang dibuat oleh temannya
Mengasosiasi
·         Tiap siswa mengestimasikan amanat dan keindahan yang ditangkap pada pada adat mantuyang digubah oleh temannya
·         Siswa secara berkelompok menginterpretasi amanat dan keindahan yang ditangkap pada pada adat mantuyang digubah oleh temannya
·         Menyiapkan estimasinya amanat dan keindahan yang ditangkap pada pada adat mantuyang digubah oleh temannya dalam deskripsi singkat untuk bahan presentasi kelas.
Menyajikan
·         Mempresentasikan adat mantugubahannya secara lisan/tulisan dalam kelompoknya.
·         Mewakili kelompoknya mempresentasikan adat mantugubahannya secara lisan/tulisan dalam kelas.

Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan perbedaan adat mantulama dan baru.
·         Mencari karakteristik pada karya adat mantulama dan adat mantugubahan siswa.
·         Menyajikan salah satu adat mantugubahan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·         Penilaian performen, lisan, tulisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti.
20 menit

H.       Penilaian
1.        Teknik penilaian                               : Pengamatan, Tes tertulis
2.        Prosedur penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.        Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen
b.        Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Mampu menjelaskan dan mengidentifikasi materi yang sudah dipelajari.
Tes lisan dan tulis
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
3.

Keterampilan
a.        Terampil mempraktekkan materi dengan benar dalam wujud tes lisan maupun tulis.


Tes lisan dan tulis

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sarbiyanto, S.Pd                                                                    
Boyolali, 12 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran




Bisri Nuryadi, S.Pd                                     

a.          Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami  konsep  berdasarkan rasa ingin tahu  tentang  kawruh budaya mantu   lisan maupun tulisan
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Coba jlentrehna apa kang diarani mantu kuwi!
Menginterpretasi  pitutur luhur  kawruh budaya mantu lisan maupun tulisan  sesuai kaidah keilmuan
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna apa wae kang dadi pitutur luhure mantu kuwi!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  kawruh budaya mantu  lisan maupun tulisan

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Coba tulisen urut-urutan tatacara mantu kuwi!
Memroduksi  wacana  dalam acara mantu lisan dan tulisan sesuai kaidah  kebudayaan

Tes lisan/ tulis

Uraian

Tulisen apa wae kang dadi wigatin sajroning acara mantu!





















Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP Bahasa Jawa mantu Kurikulum 2013"

Back To Top