RPP SMA/SMK Tembang Sinom Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA/ SMK
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Semester            : X/ Genap
Materi Pokok              : Tembang Sinom
Alokasi waktu             : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.     Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
1.1.1        Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
1.1.2        Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
1.1.3        Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.1        Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.2        Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.3        Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.4        Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.5        Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1.6        Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.


3.1  Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
Indikator:                                                 

3.1.1        Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Sinom lisan maupun tulisan.
3.1.2        Menganalisis pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun tulisan.
3.1.3        Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun tulisan.
4.1     Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis, serta menyajikan syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memroduksi  syair tembang Sinom.
4.1.3 Menyunting  syair tembang Sinom karya teman.
4.1.4 Menyajikan tembang Sinom lisan maupun tulisan.

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi,mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.         Peserta didik dapat menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan  anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dan menggunakannya secara lisan maupun tulisan melalui tembang Sinom.
2.         Peserta didik dapat menunjukkan  perilaku  akhlak mulia, percaya diri, dan tanggung jawab  dalam menggunakan bahasa Jawa  melalui  tembang Sinom lisan maupun tulisan.
3.         Peserta didik dapat menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom dengan:
a.       Peserta didik dapat mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Sinom lisan maupun tulisan.
b.      Peserta didik dapat menganalisis  pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun tulisan.
c.       Peserta didik dapat mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun tulisan.
4.         Peserta didik dapat Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis, serta menyajikan syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri dengan:
a.         Peserta didik dapat menginterpretasi  pitutur luhur tembang Sinom lisan maupun  tulisan.
b.        Peserta didik dapat memroduksi  syair tembang Sinom lisan maupun tulisan.
c.         Peserta didik dapat menyunting  syair tembang Sinom karya teman.
d.        Peserta didik menyajikan tembang Sinom lisan maupun tulisan.

D.     Materi Pembelajaran
Fakta:
·      Berbagai contoh tembang Sinom lama (laras pelog/slendro dengan berbagai macam pathet dalam serat-serat lama: Wulangreh, Tripama, Wedhatama, dll.)
·      Berbagai contoh tembang Sinom baru (laras pelog/slendro dengan berbagai macam pathet karya-karya baru).
Konsep:
·      Ciri-ciri, makna, wataktembang Sinom
·      Struktur  tembang Sinom.
Prinsip:
·      Karakteristik tembang Sinom lama
·      Karakteristik tembang Sinombaru.

Prosedur:
·      Langkah-langkah memroduksi syair tembang Sinom
·      Langkah-langkah menyajikan tembang Sinom.

E.      Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
·      Pendekatan saintifik
·      inquiry, discovery learning, diskusi
·      Kerja kelompok dan Kaji Pustaka

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media :
·      Internet
·      Lab bahasa
2.       Alat/bahan
·      LCD, Tape recorder,laptop
·      Naskah tembang Sinom
·      Buku, koran, majalah, dan kliping tentang tembang Sinom, dll.
3.     Sumber Belajar
·      Mardimin, Yohanes. 1990. Sekitar Tembang Macapat. Semarang: Satya Wacana.
·      Pakubuwana IV, Sri Susuhunan. Tanpa tahun. Wulangreh (tulis ulang). Sukoharjo: Cendrawasih.
·      Santosa, Imam Budhi. 2010. Nguri-uri Paribasan Jawi. Klaten: Intan Pariwara.
·      Sasangka, Sry Satriya Wisnu. 2013. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa Edisi Revisi Cetakan Ke-4. Jakarta: Yayasan Pasramalingua.
·      Suseno, Franz Magnis. 1985. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijakan Hidup Jawa, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia.

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         Peserta  didik membaca contoh teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom pada 1.
·         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, lan guru wilangan Serat Wedhatama Pupuh Sinom pada 1.
Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan unsur-unsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Sinom pada 1.
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Sinom pada 1.

60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Sinom yang meliputi watak, guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
20 menit

Pertemuan Ke 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Sinom
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Sinom)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik tembang Sinom)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·         Contoh teks tembang Sinom digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi

·         menemukan nilai- nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom dengan mengartikan setiap kata dalam tembang Sinom.
·         Menulis syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri dengan memperhatikan guru gatra, guru lagu, guru wilangan, diksi, lan teges.
60 menit










Penutup
·         Tanya jawab mengenai unsur karakteristik tembang Sinom meliputi guru gatra, guru wilangan dan guru lagu.
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Sinom.

20 menit

Pertemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik tembang Sinom.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Sinom) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengasosiasi
·         Peserta didik menyunting kesalahan syair tembang Sinom tulisan teman.
·         Menganalisis unsur- unsur pembangun teks tembang Sinom meliputi guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·         Menilai syair teks tembang Sinom tulisan teman.

60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur tembang Sinom.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk mendengarkan tembang Sinom dan berlatih nembang.

20 menit


Pertemuan ke 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·         Siswa merespon salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Tanya jawab tentang kondisi anak muda berdasarkan nilai- nilai yang terkandung dalam teks Serat Wedhatama Pupuh Sinom.
20 menit
Kegiatan Inti
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan secara lisan atau tulisan tembang Sinom yang ditulis.
·         Peserta didik menembangkan tembang Sinom.
·         Peserta didik memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat Wedhatama pupuh Sinom.
50 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan perbedaan cara nembang yang benar dan kurang benar.
·         Menyajikan salah satu tembang Sinom gubahan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·         Menyimpulkan hasil nembang tembang Sinom.
·         Memberi tugas untuk mencari novel jawa secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
20 menit

H.     Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian Diri
·         Penilaian Antar Teman
·         Penilaian Jurnal
b.      Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes Tertulis
·         Tes Lisan
c.       Kompetensi Keterampilan:
·         Tes Proyek
·         Tes Praktik

2.      Bentuk instrumen dan instrumen
3.      Pedoman penskoran

Lampiran 1
a.    Peniaian Sikap
Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program       : X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi: Tembang Sinom

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1









2









1.      3









2.      4









3.      5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

Penilaian Diri

No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3













4













5













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.

Penilaian Antar Teman

Penilaian Jurnal

b.    Penilaian Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami  wataktembang Sinom lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna kepiye watake tembang Sinom!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Sinom lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Kepiye guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune tembang Sinom?
Menganalisis  pitutur luhurtembang Sinom lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang Sinom kang kowaca?
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhurtembang Sinom lisan maupun tulisan.


Tes lisan/ tulis

Uraian

Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Sinom kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Sinomlisan maupun  tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian
Apa sliramu/siswa setuju karo pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Sinom kang kowaca?

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.        Watake tembang Sinom iku tresna asih, canthas, trengginas. Cocok kanggo bab-bab kang sarwa lincah, nggambarake sipat kan cukat trengginas, lan sapiturute
2.        Tembang Sinom kadadean saka 9 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 8a, 8i, 8a,8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a
3.        Pitutur luhur ing tembang Sinom adate/biasane gegayutan karo pepeling supaya ora tumindak ala lan mrenahake supaya tumindak becik.
4.        Pitutur luhur ing tembang Sinom isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
5.        (Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Sinom, redaksi bahasa siswa).


Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.         Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

2.         Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

3.         Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

4.         Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

5.         Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4


c.     Penilaian Keterampilan

Penilaian Proyek
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memroduksi  syairtembang Sinomlisan maupun tulisan.
Tes Unjuk Kerja
Uji petik produk
Gawea cakepan (syair) tembang Sinom adhedhasar guru gatra, guru wilangan lan guru lagu!
Kunci jawaban:
Ancer- ancer cakepan tembang Sinom
Sinom
Nuladha laku utama
Tumprape wong tanah Jawi
Wong agung ing Ngeksiganda
Panembahan Senopati
Kapati amarsudi
Sudaning hawa lan napsu
Pinesu tapa brata
Tanapi ing siyang ratri
Amemangun karyenak tyasing sasama

Pedoman penskoran:
1.    Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru Lagu)
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
1
NILAI MAKSIMAL
4

2.    Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.    Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4


Contoh Format Penilaian


Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Guru Gatra        ( 10)
Guru wilangan  ( 20)
Guru Lagu (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Makna/ Teges (30)











Penyuntingan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyunting  syairtembang Sinomkarya teman
Tes Tertulis
Uraian
Ijolna cakepan tembang Sinom garapanmu marang kanca samejamu, banjur telitinen lan biji garapane kancamu! Sawise kok teliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!


Kunci Jawaban :
Penilaian sikap dan tanggung jawab dalam menyunting pekerjaan teman

Pedoman Penskoran

1.    Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru Lagu)
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
1
NILAI MAKSIMAL
4

2.    Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.    Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4







Ancer-ancer pambiji/ contoh format penilaian
Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Guru Gatra        ( 10)
Guru wilangan  ( 20)
Guru Lagu (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Makna/ Teges (30)










Penilaian Praktik

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyajikan tembangSinomlisan maupun tulisan.
Tes Praktik
Demonstrasi/ Penampilan
Tembangna tembang Sinom kang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!

Kunci jawaban:
Tes Praktik
Ancer – ancer Pambiji

Pedoman Penskoran


Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mennyanyikan dengan benar dan sangat baik ( lafal jelas, intonasi tepat, ekspresi sangat baik, dan nada tepat/ memenuhi keempat unsur)
AB
4
Siswa menyanyikan dengan benar dan baik ( jika ketiga unsur yang tepat, salah satu ada yang kurang)
B
3
Siswa menyanyikan dengan benar  dan sedang ( jika hanya dua unsur yang tepat, yang dua unsur lainnya kurang tepat)
S
2
Siswa menyanyikan dengan kurang benar ( jika yang tepat hanya satu unsur, yang ketiga unsur kurang tepat)
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

Contoh Format Penskoran


Nama
Sing Di Biji

Lafal/Kedal

Intonasi

Ekspresi/Performer

Ketepatan Nada

Gunggunge/Jumlah








LAMPIRAN
Pengembangan Bahan Ajar

1.      Pangertene tembang Sinom
Sinom iku ateges anom, taruna, srinata, roning kamal, pangrawit, weni, logondhang, lan sapiturute. Sinom duwe karep pucuke godhong kang isih kecut. Anggitane Kanjeng Sunan Giri Kadaton. Iki cocok kanggo pambuka crita nanging uga kudu nulad papan panggonan.
2.      Pathokan tembang Sinom
SINOM
Guru wilangan
Guru lagu
Guru gatra
8
A
9
8
I
8
A
8
I
7
I
8
U
7
A
8
I
12
A
3.      Watak tembang Sinom
Watake tembang Sinom iku tresna asih, canthas, trengginas. Cocok kanggo bab-bab kang sarwa lincah, nggambarake sipat kan cukat trengginas, lan sapiturute.
4.      Makna tembang Sinom
Sinom iku maksude enom. Tembang iki nggambarake wayah enom, wateke golek pangalembana utawa grapyak, luwes, gampang srawung. Pancen nom-noman biyasane seneng sesambungan/kekancan, pinter ngomong utawa srawung kang golek kanca/kadang lan narik kawigatene liyan. Nglambangake wayah isih jejaka/prawan.
5.      Tuladha tembang Sinom
5
6
6
6
6
6
6
6




nu-
la-
dha
la-
ku-
u-
ta-
ma




5
6
6
4
5
6
65
5




tu-
mrap-
e
Wong
ta-
nah
Ja-
wi




5
6
6
6
5
3
3
j21




wong
A-
gung
Ing
Ngèk-
si-
gan-
da




1
2
3
2
1
y
t
y




Pa-
nêm-
bah-
An
Se-
na-
pa-
ti




1
2
2
2
2
1
j23





ka-
pa-
ti
a-
mar-
su-
di





1
1
1
2
1
y
1
2




su-
da-
ning
ha-
Wa
lan-
nêp-
su




y
1
1
1
1
1
1





pi-
nê-
su
ta-
Pa
bra-
ta





1
2
3
2
1
Y
t
y




ta-
na-
pi
Ing
si-
Yang
ra-
tri




y
1
2
3
2
2
2
2
3
j21
y
j12
a-
mê-
ma-
Ngun
kar-
ye-
nak
tyas-
ing
sa-
sa-
Ma


LEMBAR KERJA SISWA

I.       Ing ngsior iki ana wangsulan sing bener, pilihen!
1.      Pathokan sajroning tembang macapat kang ngemot pathokan cacahe larik saben sapada yaiku …
a.       guru sastra                         d. guru wilangan 
b.      guru basa                           e. guru gatra
c.       guru lagu
2.      Dene kang ngemot pathokan tibaning swara pungkasan (dhong dhing) saben sagatra yaiku …
a.       guru sastra                         d. guru wilangan 
b.      guru basa                           e. guru gatra
c.       guru lagu
3.      Pathokan tembang Mijil yaiku …
a.       gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a, I,
b.      gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a  
c.       gatra : 7, wilangan : 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a, a, a, u
d.      gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e.       gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u
4.      Pathokan tembang Asmarandana yaiku …
a.       gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a, I,
b.      gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a  
c.       gatra : 7, wilangan : 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a, a, a, u
d.      gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e.       gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u

Nasihat lan pitutur
Kang bener terapna nggo uripmu
Kabeh eling–elingen ja nganthi lali
Aja lali pituturku
Merga sira isih enom
5.      Saka sasmita ing dhuwur, tembang kasebut diarani …
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.    gambuh                             e. maskumambang  
c.     mijil

Nadyan silih bapa biyung kaki nini,
sadulur myang sanak,
kalamun muruk tan becik,
nora pantes yen den nuta
6.      Saka sasmita ing dhuwur, tembang kasebut diarani
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.    gambuh                             e. maskumambang 
c.    mijil
7.      Tembang macapat kang ateges kanoman, minangka kalodhangan sing paling wigati kanggoné wong anom supaya bisa ngangsu kawruh sak akèh-akèhé sinebut …
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.    Sinom                                e. Sinom  
c.    mijil
8.      Tembang macapat kang asale saka tembung mungkur kang ateges nyingkiri hawa nepsu angkara murka. Kang dipikir tansah kepingin wèwèh marang sapadha - padha diarani ....
a.    dhandhanggula                 d. sinom 
b.    Sinom                                e. Sinom  
c.    mijil
9.      Nalika nembang macapat, ing sawijining gatra ditembangake ora kaya titi laras  asline, nanging bab iku ditindakake supaya nambah endahing tembang macapat. Kaprigelan iku kang diarani ….
a.       cakepan
b.      cengkok
c.       laras
d.      pathet
e.       pedhotan
10.  Wos surasane tembang macapat iku isa dingreteni kanthi tenanan yen anggone ndunungake pedhotan iku pas. Amarga yen ora pas makna tembung utawa ukarane dadi slenca. Upamane tembang maskumambang gatra sepisan (12i) kudune anak pitik kuthuk//anak bebek meri nanging dipedhot anak pitik//kuthuk anak bebek meri. Pedhotan yaiku ….
a.       syair, tetembungan kang dienggo ing tembang.
b.      lak – luking swara kanggo nglagokake tembang.
c.       rasa thinthingane swara cendhak nganti swara dhuwur.
d.      ukuran cendhek lan dhuwure swara kanggo nglagokake tembang.
e.       pamedhoting swara ing tengahing tembang ing saben larik.

II.    Essay
1.      Setitekna tembang ing ngisor iki!
a.       Lamun ana wong micara kaki, tan mupakat ing patang prakara, aja sira age-age, anganggep nyatanipun, saringana dipun baresih, limbangen lan kang patang : prakara rumuhun, dalil qadis lan ijemak, lan kijase papat iku salah siji, ana-a kang mupakat.
b.      Panggawe becik puniku, gampang yen wus den lakoni, angel yen durung linakwan, aras-arasen nglakoni, tur iku den lakonana, mufa’ati badanneki.
c.       Pitutur bener iku, sayektine kang iku tiniru, nadyan melu saking wong sudra papeki, lamun becik wurukipun, iku pantes sira anggo.
d.      Kalamun ana manungsa, tan anganggo ing duga lan prayogi, iku watake tan patut, awor lawan wong kathah, degsura ndaludur tan wruh ing edur, aja sira pedhak-pedhak nora wurung neniwasi.
2.      Sebutna jinising tembang! Yen wis ngreti isa ditembangke!
3.      Jlentrehna wos surasane kanthi ngancarake nggunakake basane dhewe! Andharna kanthi lesan!
4.      Andharna pitutur kang kamot sajroning tembang!
5.      Miliha tema babagan pendhidhikan! Sabanjure tulisen dadi wujud tembang Sinom lan Pacung!



Semarang, 21 Oktober 2014
Mengetahui,
Kepala SMA/SMK                                                        Guru Mapel Bahasa Jawa,




Sarbiyanto, S.Pd                                                          Bisri Nuryadi, S.Pd












Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK Tembang Sinom Kurikulum 2013"

Back To Top