RPP SMA/SMK Tembang Pocung Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                   : SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran       : Bahasa Jawa
Kelas/Semester      : XI/ Gasal
Materi Pokok         : Tembang Pocung
Alokasi waktu       : 3 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Jawa serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1     Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan  anugerah Tuhan  berupa  bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
Indikator :
1.1.1 menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana komunikasi dalam menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui  serat Wedhatama pupuh Pocung.
2.1  Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
  Indikator :
  2.1.1 menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
 2.1.2  menunjukkan perilaku responsif dalam mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
 2.1.3  menunjukkan perilaku proaktif dalam mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
3.1  Menelaah teks serat wedhatama pupuh Pocung.
Indikator:

3.1.1 Memahami  guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan
3.1.2 Memahami unsur pembangun teks.
3.1.3 Menganalisis  nilai-nilai dalam teks Wedhatama pupuh Pocung.
3.1.4 Mengevaluasi relevansi  pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat ini.
4.1  menanggapi isi serat Wedhatama pupuh Pocung dan menulis serta menyajikan syair pocung tembang Pocung.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi  pitutur luhur  tembang Pocung  lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memroduksi  syair tembang Pocung  lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting  syair tembang Pocung  karya teman.
4.1.4 Menyajikan  tembang Pocung  lisan maupun tulisan.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK Tembang Pocung Kurikulum 2013"

Back To Top