RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK Karya Nugraha Boyolali
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
XI/ Gasal
Materi Pokok :
Tembang Pocung
Alokasi waktu :
3 pertemuan x 2 jam pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Jawa serta mensyukuri dan
mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa
bahasa Jawa dalam bentuk
teks Serat Wedhatama pupuh Pocung.
Indikator :
1.1.1 menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana komunikasi dalam menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan melalui serat
Wedhatama pupuh Pocung.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh
Pocung.
Indikator :
2.1.1 menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, responsif dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat
Wedhatama pupuh Pocung.
2.1.2 menunjukkan perilaku responsif dalam
mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
2.1.3 menunjukkan perilaku proaktif dalam
mengamalkan pitutur luhur dalam Serat Wedhatama pupuh Pocung.
3.1
Menelaah teks serat wedhatama pupuh Pocung.
Indikator:
|
3.1.1 Memahami guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan
3.1.2 Memahami unsur pembangun teks.
3.1.3 Menganalisis nilai-nilai
dalam teks Wedhatama pupuh Pocung.
3.1.4 Mengevaluasi relevansi pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat
ini.
4.1
menanggapi isi serat
Wedhatama pupuh Pocung dan menulis serta menyajikan syair pocung tembang Pocung.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Pocung lisan
maupun tulisan.
4.1.2 Memroduksi syair tembang
Pocung lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting syair tembang
Pocung karya teman.
4.1.4 Menyajikan tembang Pocung lisan maupun tulisan.
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK Tembang Pocung Kurikulum 2013"