Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Macam Tema Ide Dalam Cerita Ah Tenane Solopos



Cerita yang tertuang dalam Ah Tenane Solopos selalu menggambarkan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga tertidur kembali. Bahkan kejadian ditengah-tengah tidur itu sendiri, seperti nglindur, bermimpi, ngorok, mendadak bangun dll. Jika dalam kejadian sehari-hari kita menemukan cerita lucu, mungkin pengalaman itu bisa kita dijadikan ide dan menuliskannya dalam bentuk cerita. Silahkan baca, Nulis pengalaman lucu dapat 75.000,-. Klik di sini.

Contoh Tema Yang Bisa Dijadikan Ide
Ide-idepun muncul disaat kita tidak menyadarinya. Banyak yang bisa kita jadikan ide untuk menulis pengalaman lucu cerita Ah tenane ini. Sekedar contoh tema dapat dilihat di bawah;

Tema lingkungan desa, berupa ; mengambil jimpitan, rapat RT, ronda, arisan, pitulasan, pentas seni, tirakatan, kerja bakti, sambatan dan masih banyak lagi.
Tema agamis, semisal ; umroh, sholat jumat, puasa, zakat, pengajian, yasinan, rapat takmir, halal bihalal, bakdan, idul adha, natal, waisak, nyepi, imlek,  dll. Untuk tema agamis yang islamis sering muncul pada rubrik Ah Tenane hari jumat.
Tema kuliner, semisal; makan soto, sate keong, hamburger, kebab, sate kambing, sate kere, roti bakar, bakso keliling, kerang, tahu bulat, martabak, steak, dan masih banyak makanan baru yang belum disebutkan.
Tema peluang usaha, seperti; jual beli online, ternak semut jepang, cacing, semut ngangkrang, kambing etawa, sapi metal, kelinci, lele, ayam, bebek, mentog, burung kenari, burung lovebird, maupun burung beneran lainnya.
Tema fenomena yang baru naik daun, semisal;  Om telolet, pokemon go, selfie, akik, online, twitter, gojek, sakitnya tuh di sana, daun jemani, gelombang cinta, disadap, tren henna, gerhana total, android keluaran terbaru dan masih menunggu fenomena yang akan terjadi.
Tema musiman, contohnya ; musim liburan sekolah, musim sunat, musim naik haji, musim lulusan, musim penghujan, musim kemarau, musim menembak pasangan, semisal saja begitu.
Tema acara besar, seperti; karnaval, parade musik, peletakan batu pertama, grebek mulud, haul, ultah kota, pameran teknologi, pesawat terbang, tank, dll, kunjungan presiden, menteri, gubernur, bupati, mungkin bisa juga Pak RT, dan masih banyak yang belum disebutkan.
Tema perubahan, semisal; kereta api ekonomi dulu dan sekarang, pasarnya baru, terminal baru, jalan diganti perboden, perempatan yang baru dipasangi bangjo, dulu sawah sekarang perumahan dan semacamnya.
Hal konyol yang bisa diangkat menjadi embrio ide
Kita sudah pernah membahas secara bersama-sama bahwa kebanyakan karya yang dimuat dalam cerita Ah Tenane selalu focus pada satu tingkah yang lucu. Tingkah yang lucu ini sering kita temukan dalam berbagai aktivitas keseharian. Contoh tingkah lucu yang mengundang kegelian atau gelak tawa yaitu ; tingkah yang salah, keliru, kebalik, tertangkap basah, kelupaan, ketinggalan, ketiduran, kesiangan, terlambat, tertukar, ketakutan, ketidaktahuan, tertipu/kapusan, grogi, gara-gara, ngeyel, salah sangka, kesusu, terlanjur, kemaki, dan mungkin masih banyak lagi.
Kita bisa mengambil kejadian salah tingkah diatas untuk dijadikan tulisan sesuai dengan pengalaman masing-masing. Semisal saja kelupaan tidak mengerjakan tugas, kelupaan tidak membawa kunci, lupa bahwa hari libur, lupa janji, lupa bawaan, dan asmih banyak lupa yang lainnya.
Sekedar contoh saja, jika kita akan menulis tentang “lupa bawaan” maka hal yang harus kita fokuskan adalah tentang “lupa bawaan” itu sendiri. Maka yang harus kita tuliskan adalah sebab akibatnya, dan cerita Ah Tenane selalu memberikan alasan dengan sederhana dan bisa dipahami. 

Tulisan diatas hanya bersifat contoh saja. Karena banyak penulis yang memang berbeda proses kreatifnya. Tentunya semua tergantung dengan kemampuan para penulis sendiri-sendiri. Coretan diatas aku tulis berdasarkan pengalaman, pengamatan dan pembacaan cerita Ah Tenane itu sendiri. Oke. Silahkan sekarang teman-teman menulis cerita lucu sesuai dengan pengalaman masing-masing. Bagi yang ingin tahu proses nulis Ah Tenane, silahkan Klik Di Sini.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Macam Tema Ide Dalam Cerita Ah Tenane Solopos "

Back To Top