Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Contoh Proposal PKM sederhana tapi lolos DITJEN DIKTI


A.          JUDUL
CARA PRAKTIS BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI METODE BELAJAR IQRO’ (Penerapan di SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo)

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005 dinyatakan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib dilaksanakan disemua jenjang sekolah di Provinsi Jawa Tengah mulai tahun ajaran 2005/2006 untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB dan SMA/ SMK/MA/SMALB baik sekolah negeri maupun swasta. Kurikulum tersebut ditetapkan dan diberlakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah, terutama dalam upaya penanaman nilai-nilai budi pekerti dan sebagai salah satu cara pelestarian dan pembinaan budaya bangsa, salah satunya bahasa Jawa.
Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang merasa kesulitan belajar bahasa Jawa, terutama dalam hal pelajaran aksara Jawa. Terlebih untuk beberapa sekolah yang terletak di daerah perkotaan. Berdasar hasil data yang kami kumpulkan disalah satu sekolah dasar di tengah-tengah ibu kota Kabupaten Sukoharjo, yang tepatnya di SD Negeri 02 Jombor, kelurahan Jombor, kecamatan Bendosari, kabupaten Sukoharjo ditemukan,  nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Jawa adalah sebagai berikut: kelas I:6,5 ; kelas II:6,8 ; kelas III: 6,8 ;kelas IV: 6,8 ; kelas V: 6,5 dan kelas V:6,5. Nilai tersebut salah satunya didukung oleh sub mata pelajaran aksara Jawa.
Dalam sub mata pelajaran aksara Jawa, siswa sangat sulit menerima dan mampu menghafal beberapa aksara Jawa, ini sangat dirasakan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam mempelajari aksara Jawa, diantaranya adalah metode pembelajaran aksara Jawa yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Jawa sekarang ini hanya fokus kepada pengetahuan siswa (sekedar untuk tahu saja), padahal dalam belajar aksara Jawa perlu adanya proses belajar khusus dan terprogram.
Disamping itu faktor lain yang mempengaruhi kesulitan mempelajari aksara Jawa ialah waktu yang digunakan untuk mengajar sangat pendek dengan materi yang banyak. Faktor lain yang juga sangat berpengaruh adalah guru yang bersifat pocokan(seadanya) tanpa memandang ilmu yang relefan dibidangnya. Hal itu disebabkan karena sulitnya mencari guru lulusan bahasa Jawa.
Berdasarkan data di atas jelas sekali bahwa nilai rata-rata bisa dikatakan sangat memprihatinkan karena SD tersebut terletak di salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berdekatan dengan Kraton Surakarta sebagai pusatnya budaya Jawa. Hal tersebut sangat disayangkan bahwa generasi orang Jawa yang seharusnya menjadi tumpuan untuk pelestarian dan pembinaan budayanya sendiri malah sangat memprihatinkan, dan generasi-generasi Jawa cenderung bersemangat untuk belajar budaya-budaya asing dan hal tersebut harus segera diatasi demi lestarinya budaya bangsa.
Atas dasar itu perlu adanya suatu gagasan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, yakni melalui sebuah proses pembelajaran aksara Jawa yang praktis untuk diterapkan pada anak-anak, karena anak-anak dirasa lebih mudah untuk diberikan pembelajaran-pembelajaran tersebut, seperti halnya belajar iqro’(huruf Arab), yaitu dengan menghafal secara bertahap dengan bentuk tingkatan jilid.

C.    PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam kegiatan penelitian ini adalah mengatasi kesulitan belajar aksara Jawa pada peserta didik tersebut. Maka dari itu perlu dimunculkannya metode baru dalam proses belajar aksara Jawa yaitu dengan memberikan panduan praktis belajar aksara Jawa dengan menggunakan metode belajar iqro’ yang akan diberikan kepada siswa SD Negeri 02 Jombor  kelas 4 dan 5.

D.    TUJUAN
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang telah di uraikan di atas, maka kegiatan PKM-M ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Jawa melalui peningkatan nilai pada sub pelajaran aksara Jawa.


                                                                                                                                                                  Terkait :
3. Contoh Proposal PKM-AI tembus Ditjen Dikti                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Inspirasi;

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh Proposal PKM sederhana tapi lolos DITJEN DIKTI"

Back To Top