Contoh Proposal PKM-K lolos Dikti;dana yang cair 7,3 juta

Hai Gaes.. Gimana rasanya menjadi mahasiswa. Rumit bukan? namun jika kita bisa memikirkan sejenak ternyata menjadi mahasiswa itu sangat menyenangkan. Banyak program-program dari pemerintah maupun kampus yang digulirkan untuk mahasiswanya. Salah satunya adalah PKM-Kewirausahaan. Pasti sudah tahukan.

Nah. Di bawah ini saya posting kenang-kenangan proposal saya dan teman-teman waktu kuliah. Dan syukur dengan kerjasama dengan teman-teman yang baik, maka proposal yang kami tulis akhirnya bisa lolos DITJEN DIKTI. Senang sekaliiiiii....
Silahkan teman-teman membacanya di bawha ini.

A.    JUDUL

Penerbitan dan pemasaran buku panduan ” praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ ”. (suatu bentuk pembinaan budaya bangsa sekaligus menjadi peluang usaha bagi mahasiswa di kabupaten karanganyar).

B.     Latar Belakang Masalah
Dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005 dinyatakan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib dilaksanakan disemua jenjang sekolah di Provinsi Jawa Tengah mulai tahun ajaran 2005/2006 untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB dan SMA/ SMK/MA/SMALB baik sekolah negeri maupun swasta. Kurikulum tersebut ditetapkan dan diberlakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah, terutama dalam upaya penanaman nilai-nilai budi pekerti dan sebagai salah satu cara pelestarian serta pembinaan budaya bangsa, salah satunya bahasa Jawa.

            Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang merasa kesulitan belajar bahasa Jawa, terutama dalam hal pelajaran aksara/huruf Jawa. Atas dasar itu perlu adanya suatu gagasan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, yakni melalui buku panduan praktis belajar aksara jawa yang didesain seperti halnya belajar iqro’(huruf Arab), yaitu dengan menghafal secara bertahap dengan bentuk tingkatan jilid. karena anak-anak dirasa lebih mudah untuk diberikan pembelajaran-pembelajaran tersebut.

 Perlu diketahui  bahwa buku panduan praktis belajar aksara jawa ini telah diikutsertakan dalam seleksi PKM-M tahun 2010 dengan judul “CARA PRAKTIS BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI METODE BELAJAR IQRO’ (Penerapan di SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo)” dan telah lolos seleksi serta mendapatkan dana hibah dari DIKTI.

Buku panduan ini telah terbukti dan mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa yang telah dibuktikan dengan pre-test dan post-test dengan soal yang sama. Pada perolehan nilai pre-test, 98 % murid-murid kelas 4 dan 5 dari jumlah murid sebanyak 38 siswa mendapatkan nilai kurang dari 3,00 bahkan ada yang mendapat nilai 0,50. Setelah diadakan pembinaan pembelajaran aksara jawa menggunakan buku panduan ini, pada perolehan nilai post-test sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan nilai pada waktu pre-test. Karena 98% dari perolehan nilai post-test, murid-murid kelas 4 dan 5 di SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo ini mendapatkan nilai mulai dari 7,40 sampai 9,80. Bahkan ada 2 murid diantaranya yang mendapatkan nilai 10,0.

Berdasarkan data-data di atas, menunjukan bahwa buku panduan praktis belajar aksara jawa ini telah terbukti mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa dan tentunya buku panduan ini sangat dibutuhkan oleh guru pengajar sebagai buku pandamping maupun bagi para siswa untuk mempelajari materi aksara jawa. Oleh karena itu, buku panduan praktis belajar aksara jawa ini sangat cocok digunakan bahan untuk berwirausaha bagi mahasiswa dengan potensi pasar yang sangat luas yaitu provinsi Jawa Tengah. Yang pastinya akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Karanganyar adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terdiri dari 7 kecamatan dan mempunyai jumlah SD dan yang sederajat sebanyak 554 (Data kependidikan Jawa Tengah 2010). kabupaten ini sangat berpotensi sekali untuk dijadikan obyek PKM-Kewirausahaan dan sebagai sasaran pendistribusian buku panduan praktis belajar aksara jawa. Karena di kabupaten ini sangat mengedepankan bahasa jawa, yang dibuktikan dengan adanya kebijakan dari Bupati mengenai bahasa jawa yang menyatakan bahwa setiap hari rabu seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karanganyar wajib menggunakan bahasa jawa.

Disini terlihat bahwa kabupaten ini mempunyai program yang sangat bagus untuk perkembangan pendidikan bahasa jawa. Begitu halnya dengan pembelajaran akara jawa, karena aksara jawa itu sendiri bagian dari bahasa jawa yang tidak dapat dipisahkan. Melihat program bahasa jawa di Kabupaten Karanganyar inilah, maka untuk pemasaran buku panduan praktis belajar aksara jawa dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di kabupaten ini.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, bahwa masalah pembelajaran bahasa jawa dengan sub materi aksara jawa di kabupaten Karanganyar perlu didukung dengan adanya buku panduan “Cara Praktis Belajar Aksara Jawa Melalui Metode Belajar Iqro’ “ seperti yang dihasilkan dalam PKM-M 2010. Maka dari itu perlu dibukanya unit kewirausahaan mahasiswa untuk menerbitkan dan memasarkan buku-buku panduan di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Karena pemasaran buku panduan ini masuk ke dalam lingkup pandidikan, maka dalam pelaksanaanya akan melibatkan team dari KKG (Kelompok Kerja Guru). Untuk tahun pertama, penerbitan buku panduan ini akan memproduksi sebanyak 1.000 buku.

  1. Tujuan
             kegiatan PKM-kewirausahaan ini memiliki tujuan :
            mendirikan usaha penerbitan buku ”panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ “.  Dengan perkiraan  omset pada akhir program PKM  Rp. 8.000.000,- , dan laba Rp. Rp. 2.240.000,-.

 E.  Luaran yang diharapkan
Luaran yang diharapkan dalam kegiatan PKM-kewirausahaan ini adalah :
Unit usaha penerbitan dan pemasaran buku panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ “. Dengan omset pada akhir program PKM  Rp. 8.000.000,- , dan  laba Rp. Rp. 2.240.000,-.

F.  Kegunaan
  1. Siswa lebih mudah mempelajari aksara jawa tanpa harus merasa kesulitan.
  2. Dapat bermanfaat apabila siswa menemukan tulisan-tulisan Jawa pada situs-situs Jawa kuno, nama jalan, nama instansi yang kebanyakan menggunakan huruf latin dan huruf jawa yang sering dijumpai di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya.
  3. Mahasiswa sudah mempunyai bekal untuk merintis usaha komersial yang nantinya dapat diterapkan ketika terjun di tengah masyarakat.
  4. Hasil laba bermanfaat untuk menunjang pembiayaan kuliah, dana keperluan pribadi sebagai bentuk peringanan beban orang tua.
  5. Ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bahasa jawa sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005.
  6. Sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya bangsa pada umumnya, dan aksara jawa pada khususnya.
G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA           

1. hasil survei pasar
            Melihat kabupaten karanganyar adalah kabupaten yang luas yang terdiri dari 7 kecamatan dan waktu untuk pelaksanaan PKM juga dibatasi, maka dalam kegiatan PKM-K ini akan membidik 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Colomadu dengan jumlah SD dan MI sebanyak 30 unit, Kecamatan Jaten dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit, dan kecamatan jumantono dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit (Data Kependidikan Jawa Tengah Tahun 2010). Dalam survei, ketiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang lebih maju dalam bidang pendidikan dan perekonomiannya. Jumlah SD dan MI dari keseluruhan ketiga kecamatan tersebut yaitu 96 SD, rata-rata jumlah murid perkelas ada 30 siswa. Jadi 30 siswa x 6 kelas = 180 siswa. Diprediksikan jumlah siswa dari ketiga kecamatan itu adalah : 96 SD x 180 siswa = 17.280 siswa. Bila dalam satu SD mengambil 18 buku panduan ( 10% dari jumlah siswa), maka potensi pasar : 96 SD x 18 buku = 1.728 buku. Target ditahun pertama yaitu 750 buku akan tercapai.

2. kelayakan usaha
            A. Modal Investasi
-          produksi buku : 1.000 buku x @Rp 4.000,-                 = Rp. 4.000.000,-
           
B. Biaya
1.      Produksi buku : 750 buku x @Rp. 4.000                   = Rp. 4.000.000
2.      Pemasaran
·         Kerjasama KKG : 3 kec. x @Rp.100.000       = Rp. 300.000
·         Transport : 96 SD x 2 kali x Rp.5000              = Rp. 960.000
·         Fee agen pemasaran : 1.000 buku x @Rp.500 = Rp. 500.000

    Rp. 5.760.000
            C.  Pendapatan
-          penjualan buku : 1.000 buku x @Rp. 8.000 = 8.000.000

            D. Analisis Ekonomi
1.      keuntungan = pendapatan – biaya
Rp.8.000.000 – Rp. 5.760.000,-
= Rp. 2.240.000,-

2.      PPC ( Pay Back Period of Credit)
Modal Investasi
PPC :                                                   = angka x 5 bulan (Waktu PKM)
                                    Keuntungan

                                    Rp.4.000.000,-
PPC :                                                   = 1,78 x 5 bulan
                                    Rp.2.240.000,-
                                                                                    = 8,9 bulan
                        Jadi modal investasi dapat kembali dalam waktu 8,9 bulan.

3.      B / C Rasio = Pendapatan                   = angka ( lebih dari 1 = laba) 
Biaya
                                             = Rp. 8.000.000             = 1,38
                                                Rp. 5.760.000
Jadi B / C rasio lebih layak dibandingkan dengan bunga bank yang saat ini berkisar 5%.

3. Keberlanjutan Usaha
            Setelah kegiatan PKM-K ini selesai dilaksanakan, maka untuk selanjutnya akan memproduksi lebih banyak lagi yang akan dipasarkan di seluruh Solo Raya yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri dan Sragen. Selain itu pemasaran juga akan dikembangkan  di toko-toko buku yang diperuntukan untuk khalayak umum, karena memang buku panduan ini cocok digunakan untuk siapa saja yang ingin belajar aksara jawa seperti halnya belajar iqro’.

     H. METODE PELAKSANAAN
1. Teknik produksi
-       Penyempurnaan buku panduan yang membutuhkan waktu 1 minggu.
-       Bekerjasama dengan penerbit Univet Bantara Sukoharjo yang juga membutuhkan waktu 1 minggu.

2. Teknik Pemasaran


                                                                                                                                                                  
I.                   JADWAL PELAKSANAAN

Kegiatan
Bulan ke
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
1.      penyempurnaan buku




















2.      kerjasama dengan penerbit dan produksi buku panduan




















3.   Pemasaran




















1.      Kecamatan Colomadu




















2.      Kecamatan Jaten




















3.      Kecamatan Jumapolo




















4.  Penyusunan Laporan




















5.  Seminar




















6.  Penggandaan dan Pengiriman Laporan






















J.  RANCANGAN BIAYA
1. Bahan Habis Pakai
No
Jenis Kebutuhan
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
1
Produksi buku Panduan
1.000 buku
@ Rp. 4.000,-
Rp. 4.000.000,-
2
ATK :




  • Untuk pelaksana




a. Buku
3 buah
@Rp. 15.000,-
Rp. 45.000,-

b. Bolpoin
3 buah
@Rp. 3000,-
Rp. 9.000,-

c. Spidol
3 buah
@Rp. 7.500,-
Rp. 22.500,-

d. brosur
6 kelas x 96 SD
@Rp. 1.000,-
Rp. 576.000,-
3
Kerjasama dengan KKG Kecamatan
3 Kecamatan
@Rp. 100.000
Rp. 300.000,-
Jumlah
Rp. 4.952.500,-

2.  Peralatan Penunjang PKM-M
Jenis Kebutuhan
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Sewa LCD dan layar
1 buah
@300.000,- x 3 bulan
Rp 900.000,-
Jumlah
Rp 900.000,-

3.  Perjalanan
Macam perjalanan
Keperluan
Jumlah orang
Satuan
Harga satuan
Jumlah harga
Lokal Sukoharjo
Rapat intern
3 orang
4 x 5bulan
@Rp5.000
Rp. 300.000,-

karanganyar
Persiapan
3 orang
3 kali
@Rp5.000
Rp 45.000,-
Sosialisasi dan pemasaran
3 orang
96 kali
@Rp5.000,00
Rp 1.440.000,-






Jumlah
Rp 1.785.000,-

4. Lain-Lain
No
Jenis kegiatan
Satuan
Harga satuan
Jumlah harga
1
Pembuatan laporan
15 bended
Rp 15.000,00
Rp 225.000,-
2
Konsumsi Rapat
4 x 5 bulan
Rp 20.000,00
Rp 400.000,-
3
Seminar
1 kali

Rp 200.000,-
4
Publikasi
1 judul
Rp 150.000,00
Rp 150.000,-
Jumlah
Rp 975.000,-


Rekapitulasi Rincian Biaya Penelitian:
1.      Bahan Habis pakai                        Rp. 4.952.500,00
2.      Peralatan Penunjang                      Rp.    900.000,00
3.      Perjalanan                                      Rp. 1.785.000,00
4.      Lain-lain                                        Rp.   975.000,00 +
                              Total                           Rp.    8.612.500,00

Total biaya yaitu Delapan juta enam ratus dua belas ribu lima ratus rupiah.


K.  LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran 1
Biodata Ketua, Anggota Pelaksana dan Dosen Pendamping

Ketua Pelaksana
1.      Nama Lengkap                  : Bisri Nuryadi
2.      NIM                                  : 0750900341
3.      Tempat, tanggal lahir        : Karanganyar, 2 Juli 1984
4.      Alamat Rumah                  : Bolon Rt 04/02, Bolon, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
5.      Alamat Kost                      : -
6.      No. Telepon                      :
a. Rumah                           : -
b. HP                                 : 085647209938
7.      Jenis Kelamin                    : Laki-laki
8.      Program Studi/Jurusan      : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
9.      Perguruan tinggi                : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
10.  Waktu untuk kegiatan       : 8 jam/ minggu
11.  Riwayat Pendidikan  
SD N Bolon                                                              Tahun 1992 - 2008
SMP N 3 Colomadu                                                             Tahun 2008 - 2001
SMK Adi Sumarmo Colomadu                                Tahun 2001 - 2004
- S1 Univet Bantara  Sukoharjo                                  Tahun 2007 - sekarang
12.  Riwayat Organisasi    
No
Pengalaman Organisasi
Jabatan
Periode
1
Karang Taruna Tingkat Desa Bolon
Kabid Seni
2008-2009
2
Forum Komunikasi Remaja Masjid Bolon
Skretaris Div. Pembinaan
2008-2009
3
Badan Eksekutif Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo
Deputi Dalam Negeri
2009-2010
4
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
Staf HMP Seni dan Budaya
2009-2010
5
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
Ketua Umum
2010 - 2011
6
Colomadu Traning Center
Perlengkapan
2010 - 2011
13.   Motto Hidup               : Ora obah ora mamah
14.  Pertemuan Ilmiah
-          Seminar Nasional dengan tema “Renaisans Jawa dalam Tata Kehidupan Modern” di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2008
-          Seminar Nasional dengan tema “Revolusi Bahasa Inggris” di Sukoharjo 2009
-          Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2009.
15.  Penulisan Ilmiah
-
                                        
                                                                                    Sukoharjo,  25 Oktober 2010
                                                                                           Ketua  Pelaksana


                                                                                        Bisri Nuryadi


 Pelaksana II
16.  Nama Lengkap                  : Wahyu Al Hidayat Jati
17.  NIM                                  : 0750900088
18.  Tempat, tanggal lahir        : Wonogiri, 19 Mei 1989
19.  Alamat Rumah                  :Jati Rt 01/09, Bolon, Kec. Ngambarsari, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.
20.  Alamat Kost                      : -
21.  No. Telepon                      :
a. Rumah                           : -
b. HP                                 : 085728527015
22.  Jenis Kelamin                    : Laki-laki
23.  Program Studi/Jurusan      : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
24.  Perguruan tinggi                : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
25.  Waktu untuk kegiatan       : 8 jam/ minggu
26.  Riwayat Pendidikan  
SD N Ngambarsari I                                                 Tahun 1995 - 2001
SMP N 3 Batu Retno                                               Tahun 2001 - 2004
SMK Batik 2 Surakarta                                            Tahun 2004 - 2007
- S1 Univet Bantara  Sukoharjo                                  Tahun 2007 – sekarang

27.  Riwayat Organisasi    
No
Pengalaman Organisasi
Jabatan
Periode
1
OSIS SMA
Humas
2005-2006
2
Forum Komunikasi Remaja Masjid
Bendahara
2008-2009
3
Karang Taruna
Seksi Sinoman
2009-2010
4
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
Humas
2009-2010
5
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
perlengkapan
2010 - 2011
28.      Motto Hidup                   :

29.  Pertemuan Ilmiah
-          Seminar Nasional dengan tema “Renaisans Jawa dalam Tata Kehidupan Modern” di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2008
-          Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2009.

30.  Penulisan Ilmiah
-
                                        
                                                                                    Sukoharjo,  25 Oktober 2010
                                                                                                Pelaksana II


Wahyu Al Hidayat Jati


Pelaksana III
31.  Nama Lengkap                  : Rohkhayati
32.  NIM                                  : 0950900029
33.  Tempat, tanggal lahir        : Pacitan, 19 September 1990
34.  Alamat Rumah                  : Bulu Ngromo Rt 01/06, Kec. Nawangan, Kab. Pacitan Jawa Timur.
35.  Alamat Kost                      : -
36.  No. Telepon                      :
a. Rumah                           : -
b. HP                                 : 087758435464
37.  Jenis Kelamin                    : Perempuan
38.  Program Studi/Jurusan      : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
39.  Perguruan tinggi                : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
40.  Waktu untuk kegiatan       : 8 jam/ minggu
41.  Riwayat Pendidikan  
SD N Ngromo II                                          Tahun 1995 - 2001
SMP N 2 Nawangan                                     Tahun 2001 - 2004
SMA N I Nawangan                                                Tahun 2004 - 2007
- S1 Univet Bantara  Sukoharjo                      Tahun 2009 – sekarang

42.  Riwayat Organisasi    
No
Pengalaman Organisasi
Jabatan
Periode
1
OSIS SMA
Humas
2005-2006
2
Forum Komunikasi Remaja Masjid
Bendahara
2008-2009
3
Karang Taruna
Seksi Sinoman
2009-2010
4
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
Humas
2009-2010
5
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
perlengkapan
2010 - 2011
43.                                                                                      Motto Hidup                   : Setelah Kesulitan Pasti Akan Ada Kemudahan

44.  Pertemuan Ilmiah
45.  Penulisan Ilmiah

                                        
                                                                                    Sukoharjo,  25 Oktober 2010
                                                                                                Pelaksana III


Rohkhayati

                               
Biodata Dosen Pendamping
1.      Data Pribadi
Nama Lengkap                       : Dr. Ir. Ali Mursyid W. M., M.p.
Golongan Pangkat/NIPY       : IVa / Pembina / 110940101
Tempat / tgl lahir                    : Wonogiri, 24 Desember 1964
Jenis Kelamin                         : Laki-laki
Alamat Rumah                       : Jl. Flamboyan No. B.3 Perumahan Gumpang Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah
Bidang Keahlian                    : Ilmu Peternakan
Jabatan Fungsional                 :  Lektor Kepala
Jurusan / Fakultas                   : Produksi Ternak / Pertanian
Instansi                                   : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Alamat Kantor                       : Jl. Letjend. Sujono Humardani No.1 Jombor Sukoharjo. Telp. (0271) 593156
Waktu untuk kegiatan PKM : 2jam / minggu

2.      Pendidikan
UNIVERSITAS/INSTITUT
DAN LOKASI
GELAR
MASA STUDI
BIDANG STUDI
S3, UGM, Yogyakarta
S2, UGM, Yogyakarta
S1, UGM, Yogyakarta
Dr.
M.P.
Ir.
2004-2008
1997-2000
1983-1988
Ilmu Peternakan
Nutrisi Ternak
Peternakan

3.      Riwayat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
PENELITIAN/PENGABDIAN
JABATAN
PERIODE
Wisnu Tri Husodo dan Ali Mursyid Wahyu Mulyono. 2005. Perbaikan Produksi Telur pada Ayam Petelur Afkir dengan Teknologi Force Molting. Program Penerapan IPTEKS Ditjen Dikti.
Anggota
2005
Ali Mursyid Wahyu Mulyono, Sri Hartati, Ahimsa Kandi Sariri, dan Engkus Ainul Yakin. 2009. Produksi Telur dari Ayam Petelur Afkir Menggunakan Teknologi Force Molting bagi Kurban Pemutusan Hubungan Kerja (Implementasi di Desa Duwet, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah). Program IbM, DP2M, Ditjen Dikti.
Ketua
2009
Ali Mursyid Wahyu Mulyono, 2002-2009. Pengisi Khutbah Jumat di Masjid Sahid, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo dan Masjid Al Mukminin, Gumpang, Kartasura.

2002 – 2009

6. Riwayat Pekerjaan
Tahun 2010 - sekarang      Ketua LPPM Univet Bantara
Tahun 2008 – 20010         Ketua Pusat Studi Pangan, Kesehatan, dan Teknologi Univet Bantara.
Tahun 1994 – Sekarang   Dosen Tetap Univet Bantara
Tahun 2002 – 2004          Dekan Fakultas Pertanian Univet Bantara
Tahun 2001 – 2002          Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian Univet Bantara
Tahun 2000 – 2002          Ketua Jurusan Peternakan Univet Bantara

Lampiran 2
Gambaran Teknologi yang diterapkan
 Buku Panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ terdiri dari 60 halaman, dengan ukuran 8 cm x 10cm. Pembelajaran aksara Jawa tersebut menggunakan tingkatan sebanyak 4 jilid. Adapun pada jilid I, menerapkan pembelajaran huruf awal aksara Jawa yang berjumlah 20 aksara yang belum mendapatkan tambahan apapun(aksara legena).  Aksara tersebut adalah ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sawa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha dan nga.
Sebagai contoh untuk halaman pertama hanya memuat 2 huruf/aksara saja, yaitu ha dan na. Dengan perincian sebagai berikut; ha-na, ha-na-ha_na-ha-na, na-ha-ha_ha-na-na, na-na-ha_ha-ha-na, na-ha-na_ha-na-ha, ha-na-na_na-ha-ha, ha-na_ha-na. Untuk halaman berikutnya ditambahkan 1 huruf dengan mengaitkan huruf yang sudah dipelajari pada halaman sebelumnya.
Jilid II menerapkan sandangan aksara Jawa. Sandangan aksara Jawa tersebut meliputi : wulu (i), taling (é), taling tarung (o), pepet (ê), suku (u), layar (r), wignyan (h), cecak (ng), pangkon (mati), pada lungsi (titik), pada lingsa (koma), adeg-adeg (tanda dimulainya kalimat).
Jilid III menerapkan pengajaran pasangan aksara Jawa yang meliputi ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, dan nga Secara bertahap dengan mengaitkan huruf yang sudah dipelajari pada halaman sebelumnya.
Sedangkan jilid IV menerapkan pengajaran aksara rekan (kh, f/v, dz, gh, z ), aksara swara (a, i, u, e, o), angka Jawa (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 0), dan huruf kapital aksara Jawa (aksara murda)  yang meliputi na, ka, ta, sa, pa, nya, ga, dan ba.

 Lampiran 4 Peta Lokasi Pemasaran


Demikian gaes, contoh proposal kenang-kenanganku saat menginjak di bangku sekolah. Ternyata kuliah itu memang enak dan merupakan masa-masa yang indah ya. Semoga sobat mahasiswa semuanya yang membaca contoh proposal PKM kewirausahaan ini bisa mengikuti langkah kami. Yaitu lolos di Dirjen Dikti. Dan akhirnya menjadi pengusaha yang berhasil, karena PKM yang kita pilih adalah PKM kewirausahaan. Berjuang ya Sob!!!!













Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh Proposal PKM-K lolos Dikti;dana yang cair 7,3 juta"

Back To Top