Menyediakan Materi, Soal & kunci jawaban Mapel Bahasa Jawa untuk Semua

Contoh Proposal PKM-K lolos Dikti;dana yang cair 7,3 juta


A.    JUDUL

Penerbitan dan pemasaran buku panduan ” praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ ”. (suatu bentuk pembinaan budaya bangsa sekaligus menjadi peluang usaha bagi mahasiswa di kabupaten karanganyar).

B.     Latar Belakang Masalah
Dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005 dinyatakan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib dilaksanakan disemua jenjang sekolah di Provinsi Jawa Tengah mulai tahun ajaran 2005/2006 untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB dan SMA/ SMK/MA/SMALB baik sekolah negeri maupun swasta. Kurikulum tersebut ditetapkan dan diberlakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah, terutama dalam upaya penanaman nilai-nilai budi pekerti dan sebagai salah satu cara pelestarian serta pembinaan budaya bangsa, salah satunya bahasa Jawa.
            Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang merasa kesulitan belajar bahasa Jawa, terutama dalam hal pelajaran aksara/huruf Jawa. Atas dasar itu perlu adanya suatu gagasan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, yakni melalui buku panduan praktis belajar aksara jawa yang didesain seperti halnya belajar iqro’(huruf Arab), yaitu dengan menghafal secara bertahap dengan bentuk tingkatan jilid. karena anak-anak dirasa lebih mudah untuk diberikan pembelajaran-pembelajaran tersebut.
 Perlu diketahui  bahwa buku panduan praktis belajar aksara jawa ini telah diikutsertakan dalam seleksi PKM-M tahun 2010 dengan judul “CARA PRAKTIS BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI METODE BELAJAR IQRO’ (Penerapan di SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo)” dan telah lolos seleksi serta mendapatkan dana hibah dari DIKTI.
Buku panduan ini telah terbukti dan mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa yang telah dibuktikan dengan pre-test dan post-test dengan soal yang sama. Pada perolehan nilai pre-test, 98 % murid-murid kelas 4 dan 5 dari jumlah murid sebanyak 38 siswa mendapatkan nilai kurang dari 3,00 bahkan ada yang mendapat nilai 0,50. Setelah diadakan pembinaan pembelajaran aksara jawa menggunakan buku panduan ini, pada perolehan nilai post-test sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan nilai pada waktu pre-test. Karena 98% dari perolehan nilai post-test, murid-murid kelas 4 dan 5 di SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo ini mendapatkan nilai mulai dari 7,40 sampai 9,80. Bahkan ada 2 murid diantaranya yang mendapatkan nilai 10,0.
Berdasarkan data-data di atas, menunjukan bahwa buku panduan praktis belajar aksara jawa ini telah terbukti mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa dan tentunya buku panduan ini sangat dibutuhkan oleh guru pengajar sebagai buku pandamping maupun bagi para siswa untuk mempelajari materi aksara jawa. Oleh karena itu, buku panduan praktis belajar aksara jawa ini sangat cocok digunakan bahan untuk berwirausaha bagi mahasiswa dengan potensi pasar yang sangat luas yaitu provinsi Jawa Tengah. Yang pastinya akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Karanganyar adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terdiri dari 7 kecamatan dan mempunyai jumlah SD dan yang sederajat sebanyak 554 (Data kependidikan Jawa Tengah 2010). kabupaten ini sangat berpotensi sekali untuk dijadikan obyek PKM-Kewirausahaan dan sebagai sasaran pendistribusian buku panduan praktis belajar aksara jawa. Karena di kabupaten ini sangat mengedepankan bahasa jawa, yang dibuktikan dengan adanya kebijakan dari Bupati mengenai bahasa jawa yang menyatakan bahwa setiap hari rabu seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karanganyar wajib menggunakan bahasa jawa.
Disini terlihat bahwa kabupaten ini mempunyai program yang sangat bagus untuk perkembangan pendidikan bahasa jawa. Begitu halnya dengan pembelajaran akara jawa, karena aksara jawa itu sendiri bagian dari bahasa jawa yang tidak dapat dipisahkan. Melihat program bahasa jawa di Kabupaten Karanganyar inilah, maka untuk pemasaran buku panduan praktis belajar aksara jawa dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di kabupaten ini.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, bahwa masalah pembelajaran bahasa jawa dengan sub materi aksara jawa di kabupaten Karanganyar perlu didukung dengan adanya buku panduan “Cara Praktis Belajar Aksara Jawa Melalui Metode Belajar Iqro’ “ seperti yang dihasilkan dalam PKM-M 2010. Maka dari itu perlu dibukanya unit kewirausahaan mahasiswa untuk menerbitkan dan memasarkan buku-buku panduan di wilayah Kabupaten Karanganyar.
Karena pemasaran buku panduan ini masuk ke dalam lingkup pandidikan, maka dalam pelaksanaanya akan melibatkan team dari KKG (Kelompok Kerja Guru). Untuk tahun pertama, penerbitan buku panduan ini akan memproduksi sebanyak 1.000 buku.

  1. Tujuan
             kegiatan PKM-kewirausahaan ini memiliki tujuan :
            mendirikan usaha penerbitan buku ”panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ “.  Dengan perkiraan  omset pada akhir program PKM  Rp. 8.000.000,- , dan laba Rp. Rp. 2.240.000,-.


Untuk mendapatkan proposal yang lebih lengkap, Klik bagian-bagian proposal di bawah ini!

     Terkait :
1. Contoh Proposal PKM-Gagasan Tertulis    
2. Contoh Proposal PKM-Kewirausahaan lolos PIMNAS
3. Contoh Proposal PKM-AI tembus Ditjen Dikti                                                                                                                                                                                                                                                            Inspirasi;
Hujan uang dengan Beternak Kenari                                                                                                                                                                                                                                                                           







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            























Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh Proposal PKM-K lolos Dikti;dana yang cair 7,3 juta"

Back To Top