Hai Gaes.. Gimana rasanya menjadi mahasiswa. Rumit bukan? namun jika kita bisa memikirkan sejenak ternyata menjadi mahasiswa itu sangat menyenangkan. Banyak program-program dari pemerintah maupun kampus yang digulirkan untuk mahasiswanya. Salah satunya adalah PKM-Kewirausahaan. Pasti sudah tahukan.
Nah. Di bawah ini saya posting kenang-kenangan proposal saya dan teman-teman waktu kuliah. Dan syukur dengan kerjasama dengan teman-teman yang baik, maka proposal yang kami tulis akhirnya bisa lolos DITJEN DIKTI. Senang sekaliiiiii....
Silahkan teman-teman membacanya di bawha ini.
Nah. Di bawah ini saya posting kenang-kenangan proposal saya dan teman-teman waktu kuliah. Dan syukur dengan kerjasama dengan teman-teman yang baik, maka proposal yang kami tulis akhirnya bisa lolos DITJEN DIKTI. Senang sekaliiiiii....
Silahkan teman-teman membacanya di bawha ini.
A. JUDUL
Penerbitan
dan pemasaran buku panduan ” praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar
iqro’ ”. (suatu bentuk pembinaan budaya bangsa sekaligus menjadi peluang usaha
bagi mahasiswa di kabupaten karanganyar).
B. Latar Belakang Masalah
Dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa
Tengah No. 895.5/01/2005 dinyatakan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib
dilaksanakan disemua jenjang sekolah di Provinsi Jawa Tengah mulai tahun ajaran
2005/2006 untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB dan SMA/ SMK/MA/SMALB baik sekolah
negeri maupun swasta. Kurikulum tersebut ditetapkan dan diberlakukan dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah, terutama dalam upaya
penanaman nilai-nilai budi pekerti dan sebagai salah satu cara pelestarian serta
pembinaan budaya bangsa, salah satunya bahasa Jawa.
Berkaitan
dengan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang merasa kesulitan
belajar bahasa Jawa, terutama dalam hal pelajaran aksara/huruf Jawa. Atas dasar
itu perlu adanya suatu gagasan untuk membantu memecahkan masalah tersebut,
yakni melalui buku panduan praktis belajar aksara jawa yang didesain seperti
halnya belajar iqro’(huruf Arab), yaitu dengan menghafal secara bertahap dengan
bentuk tingkatan jilid. karena anak-anak dirasa lebih mudah untuk diberikan
pembelajaran-pembelajaran tersebut.
Perlu diketahui bahwa buku panduan praktis belajar aksara
jawa ini telah diikutsertakan dalam seleksi PKM-M tahun 2010 dengan judul “CARA
PRAKTIS BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI METODE BELAJAR IQRO’ (Penerapan di SD
Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo)” dan telah lolos seleksi
serta mendapatkan dana hibah dari DIKTI.
Buku panduan ini telah terbukti dan
mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa yang telah dibuktikan
dengan pre-test dan post-test dengan soal yang sama. Pada perolehan nilai
pre-test, 98 % murid-murid kelas 4 dan 5 dari jumlah murid sebanyak 38 siswa mendapatkan
nilai kurang dari 3,00 bahkan ada yang mendapat nilai 0,50. Setelah diadakan
pembinaan pembelajaran aksara jawa menggunakan buku panduan ini, pada perolehan
nilai post-test sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan nilai pada waktu
pre-test. Karena 98% dari perolehan nilai post-test, murid-murid kelas 4 dan 5 di
SD Negeri 02 Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo ini mendapatkan nilai mulai
dari 7,40 sampai 9,80. Bahkan ada 2 murid diantaranya yang mendapatkan nilai 10,0.
Berdasarkan data-data di atas,
menunjukan bahwa buku panduan praktis belajar aksara jawa ini telah terbukti
mampu meningkatkan nilai pada sub materi aksara jawa dan tentunya buku panduan
ini sangat dibutuhkan oleh guru pengajar sebagai buku pandamping maupun bagi
para siswa untuk mempelajari materi aksara jawa. Oleh karena itu, buku panduan
praktis belajar aksara jawa ini sangat cocok digunakan bahan untuk berwirausaha
bagi mahasiswa dengan potensi pasar yang sangat luas yaitu provinsi Jawa Tengah.
Yang pastinya akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Karanganyar adalah salah satu
kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terdiri dari 7 kecamatan dan mempunyai
jumlah SD dan yang sederajat sebanyak 554 (Data kependidikan Jawa Tengah 2010).
kabupaten ini sangat berpotensi sekali untuk dijadikan obyek PKM-Kewirausahaan
dan sebagai sasaran pendistribusian buku panduan praktis belajar aksara jawa.
Karena di kabupaten ini sangat mengedepankan bahasa jawa, yang dibuktikan
dengan adanya kebijakan dari Bupati mengenai bahasa jawa yang menyatakan bahwa
setiap hari rabu seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karanganyar wajib
menggunakan bahasa jawa.
Disini terlihat bahwa kabupaten ini
mempunyai program yang sangat bagus untuk perkembangan pendidikan bahasa jawa.
Begitu halnya dengan pembelajaran akara jawa, karena aksara jawa itu sendiri
bagian dari bahasa jawa yang tidak dapat dipisahkan. Melihat program bahasa
jawa di Kabupaten Karanganyar inilah, maka untuk pemasaran buku panduan praktis
belajar aksara jawa dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di kabupaten ini.
- Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, bahwa masalah pembelajaran bahasa jawa dengan
sub materi aksara jawa di kabupaten Karanganyar perlu didukung dengan adanya
buku panduan “Cara Praktis Belajar
Aksara Jawa Melalui Metode Belajar Iqro’ “ seperti yang
dihasilkan dalam PKM-M 2010. Maka
dari itu perlu dibukanya unit kewirausahaan mahasiswa untuk menerbitkan dan memasarkan
buku-buku panduan di wilayah Kabupaten Karanganyar.
Karena pemasaran buku panduan ini
masuk ke dalam lingkup pandidikan, maka dalam pelaksanaanya akan melibatkan team
dari KKG (Kelompok Kerja Guru). Untuk tahun pertama, penerbitan buku panduan
ini akan memproduksi sebanyak 1.000 buku.
- Tujuan
kegiatan PKM-kewirausahaan ini
memiliki tujuan :
mendirikan
usaha penerbitan buku ”panduan
praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ “. Dengan perkiraan omset pada akhir program PKM Rp. 8.000.000,- , dan laba Rp. Rp.
2.240.000,-.
E. Luaran yang diharapkan
Luaran yang diharapkan dalam kegiatan PKM-kewirausahaan ini adalah :
Unit usaha penerbitan dan pemasaran buku ”panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ “. Dengan omset pada akhir program PKM Rp. 8.000.000,- , dan laba Rp. Rp. 2.240.000,-.
F. Kegunaan
- Siswa lebih mudah mempelajari aksara jawa tanpa harus merasa kesulitan.
- Dapat bermanfaat apabila siswa menemukan tulisan-tulisan Jawa pada situs-situs Jawa kuno, nama jalan, nama instansi yang kebanyakan menggunakan huruf latin dan huruf jawa yang sering dijumpai di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya.
- Mahasiswa sudah mempunyai bekal untuk merintis usaha komersial yang nantinya dapat diterapkan ketika terjun di tengah masyarakat.
- Hasil laba bermanfaat untuk menunjang pembiayaan kuliah, dana keperluan pribadi sebagai bentuk peringanan beban orang tua.
- Ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bahasa jawa sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005.
- Sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya bangsa pada umumnya, dan aksara jawa pada khususnya.
Daftar isi Proposal PKM-ku Lolos DIKTI dan PIMNAS yang lain :
- Proposal PKM-Pengabdian Masyarakat. Sederhana Lolos DITJEN DIKTI Cair 7,3 juta.
- Proposal PKM-Kewirausahaan lolos DITJEN DIKTI. Lanjutan dari PKM-M Cair 5,6 juta.
- Proposal PKM-Kewirausahaan lolos DITJEN DIKTI dan PIMNAS, Membuat kamus bergambar 3 Bahasa. Cair 9,5 juta.
- Proposal PKM-Artikel Ilmiah. Lolos DITJEN DIKTI. Cair 3 juta tanpa pelaksanaan.
G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1. hasil survei pasar
Melihat kabupaten karanganyar adalah kabupaten yang luas yang terdiri dari 7 kecamatan dan waktu untuk pelaksanaan PKM juga dibatasi, maka dalam kegiatan PKM-K ini akan membidik 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Colomadu dengan jumlah SD dan MI sebanyak 30 unit, Kecamatan Jaten dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit, dan kecamatan jumantono dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit (Data Kependidikan Jawa Tengah Tahun 2010). Dalam survei, ketiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang lebih maju dalam bidang pendidikan dan perekonomiannya. Jumlah SD dan MI dari keseluruhan ketiga kecamatan tersebut yaitu 96 SD, rata-rata jumlah murid perkelas ada 30 siswa. Jadi 30 siswa x 6 kelas = 180 siswa. Diprediksikan jumlah siswa dari ketiga kecamatan itu adalah : 96 SD x 180 siswa = 17.280 siswa. Bila dalam satu SD mengambil 18 buku panduan ( 10% dari jumlah siswa), maka potensi pasar : 96 SD x 18 buku = 1.728 buku. Target ditahun pertama yaitu 750 buku akan tercapai.
2. kelayakan usaha
A. Modal Investasi
- produksi buku : 1.000 buku x @Rp 4.000,- = Rp. 4.000.000,-
B. Biaya
1. Produksi buku : 750 buku x @Rp. 4.000 = Rp. 4.000.000
2. Pemasaran
· Kerjasama KKG : 3 kec. x @Rp.100.000 = Rp. 300.000
· Transport : 96 SD x 2 kali x Rp.5000 = Rp. 960.000
· Fee agen pemasaran : 1.000 buku x @Rp.500 = Rp. 500.000
Rp. 5.760.000
C. Pendapatan
- penjualan buku : 1.000 buku x @Rp. 8.000 = 8.000.000
D. Analisis Ekonomi
1. keuntungan = pendapatan – biaya
Rp.8.000.000 – Rp. 5.760.000,-
= Rp. 2.240.000,-
2. PPC ( Pay Back Period of Credit)
Modal Investasi
PPC : = angka x 5 bulan (Waktu PKM)
Keuntungan
Rp.4.000.000,-
PPC : = 1,78 x 5 bulan
Rp.2.240.000,-
= 8,9 bulan
Jadi modal investasi dapat kembali dalam waktu 8,9 bulan.
3. B / C Rasio = Pendapatan = angka ( lebih dari 1 = laba)
Biaya
= Rp. 8.000.000 = 1,38
Rp. 5.760.000
Jadi B / C rasio lebih layak dibandingkan dengan bunga bank yang saat ini berkisar 5%.
3. Keberlanjutan Usaha
Setelah kegiatan PKM-K ini selesai dilaksanakan, maka untuk selanjutnya akan memproduksi lebih banyak lagi yang akan dipasarkan di seluruh Solo Raya yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri dan Sragen. Selain itu pemasaran juga akan dikembangkan di toko-toko buku yang diperuntukan untuk khalayak umum, karena memang buku panduan ini cocok digunakan untuk siapa saja yang ingin belajar aksara jawa seperti halnya belajar iqro’.
H. METODE PELAKSANAAN
1. Teknik produksi
- Penyempurnaan buku panduan yang membutuhkan waktu 1 minggu.
- Bekerjasama dengan penerbit Univet Bantara Sukoharjo yang juga membutuhkan waktu 1 minggu.
2. Teknik Pemasaran
I. JADWAL PELAKSANAAN
Kegiatan
|
Bulan ke
| |||||||||||||||||||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
Bulan 5
| ||||||||||||||||
1. penyempurnaan buku
| ||||||||||||||||||||
2. kerjasama dengan penerbit dan produksi buku panduan
| ||||||||||||||||||||
3. Pemasaran
| ||||||||||||||||||||
1. Kecamatan Colomadu
| ||||||||||||||||||||
2. Kecamatan Jaten
| ||||||||||||||||||||
3. Kecamatan Jumapolo
| ||||||||||||||||||||
4. Penyusunan Laporan
| ||||||||||||||||||||
5. Seminar
| ||||||||||||||||||||
6. Penggandaan dan Pengiriman Laporan
|
J. RANCANGAN BIAYA
1. Bahan Habis Pakai
No
|
Jenis Kebutuhan
|
Banyak
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Produksi buku Panduan
|
1.000 buku
|
@ Rp. 4.000,-
|
Rp. 4.000.000,-
|
2
|
ATK :
| |||
| ||||
a. Buku
|
3 buah
|
@Rp. 15.000,-
|
Rp. 45.000,-
| |
b. Bolpoin
|
3 buah
|
@Rp. 3000,-
|
Rp. 9.000,-
| |
c. Spidol
|
3 buah
|
@Rp. 7.500,-
|
Rp. 22.500,-
| |
d. brosur
|
6 kelas x 96 SD
|
@Rp. 1.000,-
|
Rp. 576.000,-
| |
3
|
Kerjasama dengan KKG Kecamatan
|
3 Kecamatan
|
@Rp. 100.000
|
Rp. 300.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 4.952.500,-
|
2. Peralatan Penunjang PKM-M
Jenis Kebutuhan
|
Banyak
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Sewa LCD dan layar
|
1 buah
|
@300.000,- x 3 bulan
|
Rp 900.000,-
|
Jumlah
|
Rp 900.000,-
|
3. Perjalanan
Macam perjalanan
|
Keperluan
|
Jumlah orang
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah harga
|
Lokal Sukoharjo
|
Rapat intern
|
3 orang
|
4 x 5bulan
|
@Rp5.000
|
Rp. 300.000,-
|
karanganyar
|
Persiapan
|
3 orang
|
3 kali
|
@Rp5.000
|
Rp 45.000,-
|
Sosialisasi dan pemasaran
|
3 orang
|
96 kali
|
@Rp5.000,00
|
Rp 1.440.000,-
| |
Jumlah
|
Rp 1.785.000,-
|
4. Lain-Lain
No
|
Jenis kegiatan
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah harga
|
1
|
Pembuatan laporan
|
15 bended
|
Rp 15.000,00
|
Rp 225.000,-
|
2
|
Konsumsi Rapat
|
4 x 5 bulan
|
Rp 20.000,00
|
Rp 400.000,-
|
3
|
Seminar
|
1 kali
|
Rp 200.000,-
| |
4
|
Publikasi
|
1 judul
|
Rp 150.000,00
|
Rp 150.000,-
|
Jumlah
|
Rp 975.000,-
|
Rekapitulasi Rincian Biaya Penelitian:
1. Bahan Habis pakai Rp. 4.952.500,00
2. Peralatan Penunjang Rp. 900.000,00
3. Perjalanan Rp. 1.785.000,00
4. Lain-lain Rp. 975.000,00 +
Total Rp. 8.612.500,00
Total biaya yaitu Delapan juta enam ratus dua belas ribu lima ratus rupiah.
K. LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran 1
Biodata Ketua, Anggota Pelaksana dan Dosen Pendamping
Ketua Pelaksana
1. Nama Lengkap : Bisri Nuryadi
2. NIM : 0750900341
3. Tempat, tanggal lahir : Karanganyar, 2 Juli 1984
4. Alamat Rumah : Bolon Rt 04/02, Bolon, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
5. Alamat Kost : -
6. No. Telepon :
a. Rumah : -
b. HP : 085647209938
7. Jenis Kelamin : Laki-laki
8. Program Studi/Jurusan : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
9. Perguruan tinggi : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
10. Waktu untuk kegiatan : 8 jam/ minggu
11. Riwayat Pendidikan
- SD N Bolon Tahun 1992 - 2008
- SMP N 3 Colomadu Tahun 2008 - 2001
- SMK Adi Sumarmo Colomadu Tahun 2001 - 2004
- S1 Univet Bantara Sukoharjo Tahun 2007 - sekarang
12. Riwayat Organisasi
No
|
Pengalaman Organisasi
|
Jabatan
|
Periode
|
1
|
Karang Taruna Tingkat Desa Bolon
|
Kabid Seni
|
2008-2009
|
2
|
Forum Komunikasi Remaja Masjid Bolon
|
Skretaris Div. Pembinaan
|
2008-2009
|
3
|
Badan Eksekutif Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo
|
Deputi Dalam Negeri
|
2009-2010
|
4
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
Staf HMP Seni dan Budaya
|
2009-2010
|
5
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
Ketua Umum
|
2010 - 2011
|
6
|
Colomadu Traning Center
|
Perlengkapan
|
2010 - 2011
|
13. Motto Hidup : Ora obah ora mamah
14. Pertemuan Ilmiah
- Seminar Nasional dengan tema “Renaisans Jawa dalam Tata Kehidupan Modern” di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2008
- Seminar Nasional dengan tema “Revolusi Bahasa Inggris” di Sukoharjo 2009
- Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2009.
15. Penulisan Ilmiah
-
Sukoharjo, 25 Oktober 2010
Ketua Pelaksana
Bisri Nuryadi
Pelaksana II
16. Nama Lengkap : Wahyu Al Hidayat Jati
17. NIM : 0750900088
18. Tempat, tanggal lahir : Wonogiri, 19 Mei 1989
19. Alamat Rumah :Jati Rt 01/09, Bolon, Kec. Ngambarsari, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.
20. Alamat Kost : -
21. No. Telepon :
a. Rumah : -
b. HP : 085728527015
22. Jenis Kelamin : Laki-laki
23. Program Studi/Jurusan : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
24. Perguruan tinggi : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
25. Waktu untuk kegiatan : 8 jam/ minggu
26. Riwayat Pendidikan
- SD N Ngambarsari I Tahun 1995 - 2001
- SMP N 3 Batu Retno Tahun 2001 - 2004
- SMK Batik 2 Surakarta Tahun 2004 - 2007
- S1 Univet Bantara Sukoharjo Tahun 2007 – sekarang
27. Riwayat Organisasi
No
|
Pengalaman Organisasi
|
Jabatan
|
Periode
|
1
|
OSIS SMA
|
Humas
|
2005-2006
|
2
|
Forum Komunikasi Remaja Masjid
|
Bendahara
|
2008-2009
|
3
|
Karang Taruna
|
Seksi Sinoman
|
2009-2010
|
4
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
Humas
|
2009-2010
|
5
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
perlengkapan
|
2010 - 2011
|
28. Motto Hidup :
29. Pertemuan Ilmiah
- Seminar Nasional dengan tema “Renaisans Jawa dalam Tata Kehidupan Modern” di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2008
- Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa tingkat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo 2009.
30. Penulisan Ilmiah
-
Sukoharjo, 25 Oktober 2010
Pelaksana II
Wahyu Al Hidayat Jati
Pelaksana III
31. Nama Lengkap : Rohkhayati
32. NIM : 0950900029
33. Tempat, tanggal lahir : Pacitan, 19 September 1990
34. Alamat Rumah : Bulu Ngromo Rt 01/06, Kec. Nawangan, Kab. Pacitan Jawa Timur.
35. Alamat Kost : -
36. No. Telepon :
a. Rumah : -
b. HP : 087758435464
37. Jenis Kelamin : Perempuan
38. Program Studi/Jurusan : Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
39. Perguruan tinggi : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
40. Waktu untuk kegiatan : 8 jam/ minggu
41. Riwayat Pendidikan
- SD N Ngromo II Tahun 1995 - 2001
- SMP N 2 Nawangan Tahun 2001 - 2004
- SMA N I Nawangan Tahun 2004 - 2007
- S1 Univet Bantara Sukoharjo Tahun 2009 – sekarang
42. Riwayat Organisasi
No
|
Pengalaman Organisasi
|
Jabatan
|
Periode
|
1
|
OSIS SMA
|
Humas
|
2005-2006
|
2
|
Forum Komunikasi Remaja Masjid
|
Bendahara
|
2008-2009
|
3
|
Karang Taruna
|
Seksi Sinoman
|
2009-2010
|
4
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
Humas
|
2009-2010
|
5
|
HMP Pend. Bahasa dan Sastra Daerah Univet Bantara Sukoharjo
|
perlengkapan
|
2010 - 2011
|
43. Motto Hidup : Setelah Kesulitan Pasti Akan Ada Kemudahan
44. Pertemuan Ilmiah
45. Penulisan Ilmiah
Sukoharjo, 25 Oktober 2010
Pelaksana III
Rohkhayati
Biodata Dosen Pendamping
1. Data Pribadi
Nama Lengkap : Dr. Ir. Ali Mursyid W. M., M.p.
Golongan Pangkat/NIPY : IVa / Pembina / 110940101
Tempat / tgl lahir : Wonogiri, 24 Desember 1964
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat Rumah : Jl. Flamboyan No. B.3 Perumahan Gumpang Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah
Bidang Keahlian : Ilmu Peternakan
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Jurusan / Fakultas : Produksi Ternak / Pertanian
Instansi : Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Alamat Kantor : Jl. Letjend. Sujono Humardani No.1 Jombor Sukoharjo. Telp. (0271) 593156
Waktu untuk kegiatan PKM : 2jam / minggu
2. Pendidikan
UNIVERSITAS/INSTITUT
DAN LOKASI
|
GELAR
|
MASA STUDI
|
BIDANG STUDI
|
S3, UGM,
S2, UGM,
S1, UGM,
|
Dr.
M.P.
Ir.
|
2004-2008
1997-2000
1983-1988
|
Ilmu Peternakan
Nutrisi Ternak
Peternakan
|
3. Riwayat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
PENELITIAN/PENGABDIAN
|
JABATAN
|
PERIODE
| ||
Wisnu Tri Husodo dan Ali Mursyid Wahyu Mulyono. 2005. Perbaikan Produksi Telur pada Ayam Petelur Afkir dengan Teknologi Force Molting. Program Penerapan IPTEKS Ditjen Dikti.
|
Anggota
|
2005
| ||
Ali Mursyid Wahyu Mulyono, Sri Hartati, Ahimsa Kandi Sariri, dan Engkus Ainul Yakin. 2009. Produksi Telur dari Ayam Petelur Afkir Menggunakan Teknologi Force Molting bagi Kurban Pemutusan Hubungan Kerja (Implementasi di Desa Duwet, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah). Program IbM, DP2M, Ditjen Dikti.
|
Ketua
|
2009
| ||
Ali Mursyid Wahyu Mulyono, 2002-2009. Pengisi Khutbah Jumat di Masjid Sahid, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo dan Masjid Al Mukminin, Gumpang, Kartasura.
|
2002 – 2009
| |||
6. Riwayat Pekerjaan
Tahun 2010 - sekarang Ketua LPPM Univet Bantara
Tahun 2008 – 20010 Ketua Pusat Studi Pangan, Kesehatan, dan Teknologi Univet Bantara.
Tahun 1994 – Sekarang Dosen Tetap Univet Bantara
Tahun 2002 – 2004 Dekan Fakultas Pertanian Univet Bantara
Tahun 2001 – 2002 Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian Univet Bantara
Tahun 2000 – 2002 Ketua Jurusan Peternakan Univet Bantara
Lampiran 2
Gambaran Teknologi yang diterapkan
Buku Panduan praktis belajar aksara jawa melalui metode belajar iqro’ terdiri dari 60 halaman, dengan ukuran 8 cm x 10cm. Pembelajaran aksara Jawa tersebut menggunakan tingkatan sebanyak 4 jilid. Adapun pada jilid I, menerapkan pembelajaran huruf awal aksara Jawa yang berjumlah 20 aksara yang belum mendapatkan tambahan apapun(aksara legena). Aksara tersebut adalah ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha dan nga.
Sebagai contoh untuk halaman pertama hanya memuat 2 huruf/aksara saja, yaitu ha dan na. Dengan perincian sebagai berikut; ha-na, ha-na-ha_na-ha-na, na-ha-ha_ha-na-na, na-na-ha_ha-ha-na, na-ha-na_ha-na-ha, ha-na-na_na-ha-ha, ha-na_ha-na. Untuk halaman berikutnya ditambahkan 1 huruf dengan mengaitkan huruf yang sudah dipelajari pada halaman sebelumnya.
Jilid II menerapkan sandangan aksara Jawa. Sandangan aksara Jawa tersebut meliputi : wulu (i), taling (é), taling tarung (o), pepet (ê), suku (u), layar (r), wignyan (h), cecak (ng), pangkon (mati), pada lungsi (titik), pada lingsa (koma), adeg-adeg (tanda dimulainya kalimat).
Jilid III menerapkan pengajaran pasangan aksara Jawa yang meliputi ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, dan nga, Secara bertahap dengan mengaitkan huruf yang sudah dipelajari pada halaman sebelumnya.
Sedangkan jilid IV menerapkan pengajaran aksara rekan (kh, f/v, dz, gh, z ), aksara swara (a, i, u, e, o), angka Jawa (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 0), dan huruf kapital aksara Jawa (aksara murda) yang meliputi na, ka, ta, sa, pa, nya, ga, dan ba.
Lampiran 4 Peta Lokasi Pemasaran
Demikian gaes, contoh proposal kenang-kenanganku saat menginjak di bangku sekolah. Ternyata kuliah itu memang enak dan merupakan masa-masa yang indah ya. Semoga sobat mahasiswa semuanya yang membaca contoh proposal PKM kewirausahaan ini bisa mengikuti langkah kami. Yaitu lolos di Dirjen Dikti. Dan akhirnya menjadi pengusaha yang berhasil, karena PKM yang kita pilih adalah PKM kewirausahaan. Berjuang ya Sob!!!!
0 Komentar untuk "Contoh Proposal PKM-K lolos Dikti;dana yang cair 7,3 juta"