Contoh PKM-K Lolos DIKTI dan PIMNAS. Cair 9,5 juta. Buat Kamus 3 Bahasa Bergambar


   A.    JUDUL
Penerbitan dan pemasaran buku  ” kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Jawa krama) “

   B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Dengan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, pendidikan di indonesia mulai dari taman bermain sampai dengan universitas memiliki kurikulum dan pelajaran tentang bahasa Inggris. Ini dilakukan agar sumber daya manusia Indonesia dapat ikut andil dalam globalisasi dunia. Namun kemajuan  ilmu pengetahuan dan komunikasi  tidak cukup membawa suatu bangsa menjadi bangsa yang besar dan dihormati oleh bangsa lain, akan tetapi juga harus diimbangi dengan tetap memelihara sikap, prinsip dan nilai-nilai tradisi luhur yang menjadi ciri khas dan identitas bangsa tersebut.
Berkaitan dengan keterangan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa bahasa sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa, karena sebuah bangsa tidak akan bisa lepas dari bahasa internasional dan bahasa daerah bangsa tersebut jika ingin menjadi sebuah bangsa yang besar.
Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang telah memberikan perhatian lebih pada bahasa daerahnya yaitu bahasa jawa, Semua itu dapat dilihat Dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005 yang menyatakan bahwa kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib dilaksanakan disemua jenjang sekolah di Provinsi Jawa Tengah mulai tahun ajaran 2005/2006 untuk SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB dan SMA/ SMK/MA/SMALB baik sekolah negeri maupun swasta. Kurikulum tersebut ditetapkan dan diberlakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Tengah, terutama dalam upaya penanaman nilai-nilai budi pekerti dan sebagai salah satu cara pelestarian serta pembinaan budaya bangsa, salah satunya bahasa Jawa.
Berdasarkan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang mencari buku-buku yang berhubungan dengan pelajaran bahasa jawa, tak terkecuali kamus bahasa jawa. bahasa  jawa itu sendiri mempunyai 2 bahasa pokok, yaitu basa ngoko dan basa krama. Basa krama inilah yang menjadi persoalan karena memang dirasa agak sulit untuk dimengerti oleh para siswa. Berdasarkan hasil survei dipasaran, Kebanyakan kamus yang beredar antara lain, kamus bahasa Indonesia-inggris, kamus bahasa Indonesia-jawa, kamus Indonesia-arab, kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan arab) dan kamus-kamus bergambar lainnya. Penulis belum menemukan  adanya kamus yang menggabungkan antara bahasa inggris dan bahasa jawa krama.
Melihat peluang itu, penulis ingin sekali membuat kamus yang menggabungkan antara bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa jawa krama yang dilengkapi dengan gambar, karena anak-anak lebih cenderung menyukai hal yang berkaitan dengan gambar.
Data-data di atas menunjukan bahwa kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama) ini mempunyai pangsa pasar tersendiri dan tentunya kamus ini sangat dibutuhkan oleh para siswa sebagai buku pandamping untuk mempelajari bahasa jawa krama maupun bahasa inggris. Oleh karena itu, kamus ini sangat cocok digunakan bahan untuk berwirausaha bagi mahasiswa dengan potensi pasar yang sangat luas yaitu provinsi Jawa Tengah. Yang pastinya akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Karanganyar adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terdiri dari 7 kecamatan dan mempunyai jumlah SD dan yang sederajat sebanyak 554 (Data kependidikan Jawa Tengah 2010). kabupaten ini sangat berpotensi sekali untuk dijadikan obyek PKM-Kewirausahaan dan sebagai sasaran pendistribusian kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama) ini. Karena di kabupaten ini sangat mengedepankan bahasa jawa, yang dibuktikan dengan adanya kebijakan dari Bupati yang menyatakan bahwa setiap hari rabu seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Karanganyar wajib menggunakan bahasa jawa.
Disini terlihat bahwa kabupaten ini mempunyai program yang sangat bagus untuk perkembangan pendidikan bahasa jawa. Melihat program bahasa jawa di Kabupaten Karanganyar inilah, maka untuk pemasaran kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama) ini dilaksanakan untuk yang pertama kalinya di kabupaten ini.

   C.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, menunjukan bahwa kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama) ini mempunyai pangsa pasar tersendiri dan tentunya kamus ini sangat dibutuhkan para siswa sebagai buku pandamping untuk mempelajari bahasa jawa krama maupun bahasa inggris. Oleh karena itu, kamus ini sangat cocok digunakan bahan untuk berwirausaha bagi mahasiswa dengan potensi pasar yang sangat luas yaitu provinsi Jawa Tengah. Yang pastinya akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Maka dari itu perlu dibukanya unit kewirausahaan mahasiswa untuk menerbitkan dan memasarkan buku kamus ini di wilayah Kabupaten Karanganyar.
Karena pemasaran buku kamus ini masuk ke dalam lingkup pendidikan, maka dalam pelaksanaanya akan melibatkan team dari KKG (Kelompok Kerja Guru). Untuk tahun pertama, penerbitan buku kamus ini akan memproduksi sebanyak 1.000 buku kamus.

   D.    TUJUAN
kegiatan PKM-Kewirausahaan ini memiliki tujuan :
            mendirikan usaha penerbitan buku ”kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama)“.  Dengan perkiraan  omset pada akhir program PKM  Rp. 8.000.000,- , dan laba Rp. Rp. 2.240.000,-.

   E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dalam kegiatan PKM-kewirausahaan ini adalah :
Unit usaha penerbitan dan pemasaran buku  kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, inggris dan jawa krama) “. Dengan omset pada akhir program PKM  Rp. 8.000.000,- , dan  laba Rp. Rp. 2.240.000,-.

   F.     KEGUNAAN
  1. Dapat bermanfaat pada 3 mata pelajaran di sekolah, yaitu bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa jawa khususnya basa krama.
  2. Mahasiswa sudah mempunyai bekal untuk merintis usaha komersial yang nantinya dapat diterapkan ketika terjun di tengah masyarakat.
  3. Hasil laba bermanfaat untuk menunjang pembiayaan kuliah, dana keperluan pribadi sebagai bentuk peringanan beban orang tua.
  4. Ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan bahasa jawa sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 895.5/01/2005.
  5. Sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya bangsa pada umumnya, dan bahasa jawa pada khususn





   G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1. Hasil Survei Pasar
            Melihat kabupaten karanganyar adalah kabupaten yang luas yang terdiri dari 7 kecamatan dan waktu untuk pelaksanaan PKM juga dibatasi, maka dalam kegiatan PKM-K ini akan membidik 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Colomadu dengan jumlah SD dan MI sebanyak 30 unit, Kecamatan Jaten dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit, dan kecamatan jumantono dengan jumlah SD dan MI sebanyak 33 unit (Data Kependidikan Jawa Tengah Tahun 2010). Dalam survei, ketiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang lebih maju dalam bidang pendidikan dan perekonomiannya. Jumlah SD dan MI dari keseluruhan ketiga kecamatan tersebut yaitu 96 SD, rata-rata jumlah murid perkelas ada 30 siswa. Jadi 30 siswa x 6 kelas = 180 siswa. Diprediksikan jumlah siswa dari ketiga kecamatan itu adalah : 96 SD x 180 siswa = 17.280 siswa. Bila dalam satu SD mengambil 18 buku kamus ( 10% dari jumlah siswa), maka potensi pasar : 96 SD x 18 buku = 1.728 buku. Target ditahun pertama yaitu 1.000 buku kamus akan tercapai.

2. Kelayakan Usaha
  1. Modal Investasi
Produksi buku : 1.000 buku x @Rp 4.000,- = Rp. 4.000.000,-
  1. Biaya
·         Produksi buku : 1.000 buku x @Rp.4.000,-      =Rp.4.000.000,-
·         Pemasaran
·   Kerjasama KKG : 3 kec.x@Rp.100.000,-               =Rp.300.000
·   Transport : 96 SD x 2 kali x Rp.5000,-                    =Rp. 960.000
·   Fee agen pemasaran : 1.000 buku x @Rp.500 = Rp. 500.000

Rp. 5.760.000
  1. Pendapatan
·         penjualan buku : 1.000 buku x @Rp. 8.000 = 8.000.000

  1. Analisis Ekonomi
1.      keuntungan = pendapatan – biaya
Rp.8.000.000 – Rp. 5.760.000,-
= Rp. 2.240.000,-
2.      PPC ( Pay Back Period of Credit)
Modal Investasi
PPC :                                       = angka x 5 bulan (Waktu PKM)
                                    Keuntungan

                                    Rp.4.000.000,-
PPC :                                       = 1,78 x 5 bulan
                                    Rp.2.240.000,-
                                                                        = 8,9 bulan
                        Jadi modal investasi dapat kembali dalam waktu 8,9 bulan.
3.      B / C Rasio = Pendapatan                   = angka ( lebih dari 1 = laba) 
Biaya
                                             = Rp. 8.000.000             = 1,38
                                                Rp. 5.760.000
Jadi B / C rasio lebih layak dibandingkan dengan bunga bank yang saat ini berkisar 4%.

3. Keberlanjutan Usaha
            Setelah kegiatan PKM-K ini selesai dilaksanakan, maka untuk selanjutnya akan memproduksi lebih banyak lagi yang akan dipasarkan di seluruh Solo Raya yang meliputi Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen dan klaten. Selain itu pemasaran juga akan dikembangkan  di toko-toko buku yang diperuntukan untuk khalayak umum.

   H.    METODE PELAKSANAAN
1. Teknik produksi
-       Penyempurnaan buku kamus yang membutuhkan waktu minggu.
-       Bekerjasama dengan penerbit LPPM Univet Bantara Sukoharjo yang juga membutuhkan waktu minggu.
-       Pencetakan buku kamus akan dilakukan 2x.  cetakan pertama sebanyak 500 buku dan cetakan ke dua juga 500 buku.


2
. Teknik Pemasaran


   I.       JADWAL PELAKSANAAN

Kegiatan
Bulan ke
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
1.      penyempurnaan buku kamus




















2.      kerjasama dengan penerbit dan produksi buku kamus




















3.   Pemasaran




















a.       Kecamatan Colomadu




















b.      Kecamatan Jaten




















c.       Kecamatan Jumapolo




















d.      Pasar buku karanganyar




















e.       Media internet




















f.       evaluasi




















4.  Penyusunan Laporan




















5.  Seminar




















6.  Penggandaan dan Pengiriman Laporan





















   J.      RANCANGAN BIAYA
1.      Bahan Habis Pakai
No
Jenis Kebutuhan
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
1
Produksi buku kamus
1.000 buku
@ Rp. 4.000,-
Rp. 4.000.000,-
2
ATK :




  • Untuk pelaksana




a. Buku
3 buah
@Rp. 15.000,-
Rp. 45.000,-

b. Bolpoin
3 buah
@Rp. 3000,-
Rp. 9.000,-

c. Spidol
3 buah
@Rp. 7.500,-
Rp. 22.500,-

d. brosur
6 kelas x 96 SD
@Rp. 1.000,-
Rp. 576.000,-
3
Kerjasama dengan KKG Kecamatan
3 Kecamatan
@Rp. 100.000
Rp. 300.000,-
Jumlah
Rp. 4.952.500,-

2.      Peralatan Penunjang PKM-M
Jenis Kebutuhan
Banyak
Harga Satuan
Jumlah
Sewa LCD dan layar
1 buah
@300.000,- x 3 bulan
Rp, 900.000,-
Bronjong terpal
3 buah
@200.000,-
Rp. 600.000,-
Jumlah
Rp. 1.500.000,-

3.      Perjalanan
Macam perjalanan
Keperluan
Jumlah orang
Satuan
Harga satuan
Jumlah harga
Lokal Sukoharjo
Rapat intern
Dan ke penerbit
3 orang
6 x 5bulan
@Rp5.000
Rp. 450.000,-

karanganyar
Persiapan
3 orang
3 kali
@Rp5.000
Rp 45.000,-
Sosialisasi dan pemasaran
3 orang
96 kali
@Rp5.000,00
Rp 1.440.000,-






Jumlah
Rp 1.935.000,-

4.      Lain-Lain
No
Jenis kegiatan
Satuan
Harga satuan
Jumlah harga
1
Pembuatan laporan
15 bended
Rp. 15.000,-
Rp 225.000,-
2
Konsumsi Rapat
4 x 5 bulan
Rp. 20.000,-
Rp 400.000,-
3
Seminar
1 kali

Rp 200.000,-
4
Publikasi
1 judul
Rp. 150.000,-
Rp 150.000,-
5
Pembenahan buku kamus

Rp. 25.000,-
Rp. 25.000,-
Jumlah
Rp . 1.000.000
Rekapitulasi Rincian Biaya Penelitian:
1.      Bahan Habis pakai                        Rp. 4.952.500,-
2.      Peralatan Penunjang                      Rp. 1.500.000,-
3.      Perjalanan                                      Rp. 1.935.000,-
4.      Lain-lain                                        Rp. 1.000.000,-   +
                              Total                           Rp.  9.387.500,-

Total biaya yaitu Sembilan juta tiga  ratus delapan puluh tujuh ribu lima ratus rupiah.


   K.    LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran 1
Biodata Ketua, Anggota Pelaksana dan Dosen Pendamping

Lampiran 2
Gambaran Teknologi yang diterapkan
 Buku” kamus bergambar 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Jawa krama) “
Ini terdiri dari 200 halaman, dengan ukuran 10 cm x 12cm. Kamus ini akan dibagi menjadi 12 bab.

Lampiran 4 Peta Lokasi Pemasaran









Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh PKM-K Lolos DIKTI dan PIMNAS. Cair 9,5 juta. Buat Kamus 3 Bahasa Bergambar"

Back To Top